Analisa Bisnis Anda Sebelum Memulai Usaha | Business Analysis

Home Blog / Business Analiysis

Hai pembaca, terima kasih sudah mampir menyempatkan waktu untuk membaca artikel tentang Business Analysis. Ini sih hanya sekedar rangkuman, saya tulis catatan tentang analisa bisnis anda sebelum memulai usaha. Saya coba tulis selengkap mungkin, mudah-mudahan bisa bermanfaat ya.

Disclaimer: Ini hanya sekedar pengertian dan rangkuman aja sih. Bukan murni hasil sendiri, hasil copas-comot dari berbagai sumber lain.

analisa bisnis, Analisa Bisnis Anda Sebelum Memulai Usaha | Business Analysis

Pengertian Analisis Bisnis

Analisis bisnis merupakan proses evaluasi prospek ekonomi dan resiko perusahaan. Hal tersebut meliputi analisis atas lingkungan bisnis perusahaan, strateginya, serta posisi keuangan dankinerjanya. Analisis berguna dalam banyak keputusan bisnis seperti memilih investasi dalamefek (surat berhargaatai sekuritas) ekuitas atau efek utang, memilih perpanjangan pinjamandengan utang jangka panjang atau utang jangka pendek, menilai perusahaan dalam penawaransaham perdana dan mengevaluasi restrukturasi yang meliputi merger, akuisisi, dan divestasi.

Jenis-jenis Analisis Bisnis

  1. Analisis kredit merupakan evaluasi kelayakan perusahaan untuk mendapatkan kredit. kelayakan kredit adalah kemampuan perusahaan memenuhi kewajiban kreditnya. analisis kredit berfokus kepada analisislikuiditas maupun solvabilitas.
  2. Analisis ekuitas menyediakan dana kepada perusahaan sebagai balasan atas resiko atau imbalan kepemilikan. analisis ekuitas bersifat asimetris, dimana harus menilai dua sisi resiko dan potensial.

Identifikasi tujuan dari Analisis Bisnis

Analisis bisnis diperlukan dalam beberapa hal lain sebagai berikut:

1. Manager

Untuk menjamin kesejahteraan mereka sendiri dan potensi pendapatan mereka dimasa depan, manager berkempentingan atas kondisi keuangan , memuat prospektif pihak luar terhadap perusahaan. Analisis laporan keuangan memberikan petunjuk kepada manager perubahan strategis dalam kegiatan oprasional, investasi dan pendanaan perusahaan.

2. Merger, Akuisisi dan Investasi

Analisis bisnis dilakukan tiap kali perusahaan merestrukturasi oprasinya melalui merger, akuisisi, investasi maupun spin-off. “nvestasi perlu mengidentifikasi target potensial dan menentukan nilainya.

3. Management Keuangan

Manager harus mengevaluasi dampak keputusan dan keuangan dankebijakan deviden terhadap nilai perusahaan. Analisis bisnis membantu manager untuk menilaidampak keputusan keuangan terhadap profitibilitas dimasa mendatang maupun resikonya.

4. Audit External

Hasil sebuah audit adalah opini atas kewajaran laporan. saat terselsaikannya audit, analisis laporan keuangan dapat menjadi alat penge&ekan akhir ataskewajaran laporan keuangan secara keseluruhan.

5. Direktur

Sebagai pemegang saham terpilih, direktur bertanggung jawab untuk melindungi kepentingan pemegang saham dengan mengawasi secara hati-hati aktivitas perusahaan . Hal ini memerlukan pemahaman dan apresiasi atas aktivitas pendanaan, investasi dan oprasi. 

Mengetahui Studi Kelayakan Dalam Sebuah Usaha Bisnis

Analisis SWOT adalah metode perencanaan strategis yang digunakan untuk mengevaluasi kekuatan (strengths), kelemahan (weaknesses), peluang (opportunities), dan an&aman (threats)dalam suatu proyek atau suatu spekulasi bisnis.

  • Strengths (kekuatan)
    Merupakan kondisi kekuatan yang terdapat dalam organisasi, proyek atau konsep bisnis yang ada. Kekuatan yang dianalisis merupakan faktor yang terdapat dalam tubuh organisasi, proyek atau konsep bisnis itu sendiri.
  • Weakness (kelemahan)
    Merupakan kondisi kelemahan yang terdapat dalam organisasi, proyek atau konsep bisnis yang ada. Kelemahan yang dianalisis merupakan faktor yang terdapat dalam tubuh organisasi, proyek atau konsep bisnis itu sendiri.
  • Opportunities (Peluang)
    Merupakan kondisi peluang berkembang di masa datang yang terjadi.Kondisi yang terjadi merupakan peluang dari luar organisasi, proyek ataukonsep bisnis itu sendiri. misalnya kompetitor, kebijakan pemerintah, kondisi lingkungan sekitar.
  • Threats (ancaman)
    Merupakan kondisi yang mengancam dari luar. Ancaman ini dapat mengganggu organisasi, proyek atau konsep bisnis itu sendiri.

Aspek-aspek Penilaian dalam Studi Kelayakan Usaha Bisnis

  • Aspek hukum: Meneliti kelengkapan, kesemperunaan dan keaslian izin-izin dan dokumen.
  • Aspek pasar dan pemasaran: Meneliti besar pasar dan kemampuan perusahaan menguasainya, serta menilai strateginya.
  • Aspek keuangan: Menilai perolehan pendapatan dan biaya yang dikeluarkan.
  • Aspek teknis/operasional: Menentukan lokasi, layout gedung dan uangan serta teknologi yangdigunakan.
  • Aspek manajemen: Meneliti kesiapan SDM yang menjalani usaha.
  • Aspek ekonomi dan sosial: Menilai manfaat usaha terhadap ekonomi dan sosial masyarakat.
  • Aspek dampak lingkungan: Menilai dampak lingkungan yang dapat ditimbulkan.

Hasil studi kelayakan bisnis pada prinsipnya bisa digunakan untuk melakukan hal-hal berikut :

  1. Merintis usaha baru, misalnya : membuka toko , membangun pabrik, mendirikan perusahaan jasa, membuka usaha dagang dan lain sebagainya.
  2. Mengembangkan usaha yang sudah ada, misalnya : untuk menambah kapasitas pabrik ,memperluas skala usaha, mengganti peralatan / mesin menambah mesin baru , memperluas cakupan usaha, dan sebagainya.
  3. Memilih jenis usaha atau investasi / proyek yang paling menguntungkan, misalnya : pilihan usaha dagang, pilihan usaha proyek barang atau jasa ,pabrikasi / perakitan , A atau proyek B dan lain sebagainya Adapun pihak yang memerlukan dan berkepentingan dengan studikelayakan usaha dintaranya:
    -Pihak wirausaha (pemilik perusahaan)
    -Pihak investor dan penyandang dana
    -Pihak masyarakat dan pemerintah

Proses dan Studi Kelayakan Usaha

1. Tahap Penemuan ide atau Perumusan gagasan

Tahap penemuan ide adalah tahap dimana wirausaha mendapatkan ide untuk merintis usaha baru. Ide tersebut kemudian dirumuskan dan diidentifikasi, misalnya kemungkinan-kemungkinan bisnis yang paling memberi peluang untuk dilakukan dan menguntungkan dalam jangka waktu panjang. Banyak kemungkinan, misalnya bisnis industry, perakitan, perdagangan, usaha jasa, atau jenis usaha lain yang dianggap layak.

2. Tahap formulasi tujuan

Tahap ini merupakan tahap perumusan visi dan misi bisnis, seperti visi dan misi bisnis yang hendak diemban setelah bisnis tersebut diidentifikasi: apakah misalnya untuk menciptakan barang dan jasa yang diperlukan masyarakat sepanjang waktu ataukah untuk menciptakan keuntungan yang langgeng: atau apakah visi dan misi bisnis yang akan dikembangkan tersebut benar-benar menjadi kenyataan atau tidak? Semuanya dirumuskan dalam bentuk tujuan.

3. Tahap analisis

Tahap penelitian, yaitu proses sistematis yang dilakukan untuk membuat suatu keputusan apakah bisnis tersebut layak dilaksanakan atau tidak. Tahap ini dilakukan seperti prosedur proses penelitian ilmiah yang lain, yaitu dimulai dengan mengumpulkan data, mengolah, menganalisis, dan menarik kesimpulan. Kesimpulan dalam studi kelayakan usahahanya ada dua, yaitu dilaksanakan atau tidak dilaksanakan. Adapun aspek-aspek yang harus diamati dan dicermati dalam tahap analisis tersebut, meliputi:

  • Aspek pasar, mencakup produk yang akan dipasarkan, peluang, permintaan dan penawaran, harga, segmentasi, pasar sasaran, ukuran, perkembangan, dan struktur pasar serta strategi pesaing.
  • Aspek teknik produksi atau operasi, meliputi lokasi, gedung bangunan, mesin dan peralatan, bahan baku dan bahan penolong, tenaga kerja, metode produksi, lokasi dan tata letak  pabrik atau tempat usaha.
  • Aspek manajemen atau pengelolaan, meliputi organisasi, aspek pengelolaan tenaga kerja,kepemilikan, yuridis, lingkungan, dan sebagainya. Aspek yuridis dan lingkungan perludianalisis sebab perusahaan harus mendapat pengakuan dari berbagai pihak dan harus ramah lingkungan.
  • Aspek finansial atau keuangan, meliputi sumber dana atau penggunaannya, proyeksi biaya, pendapatan, keuntungan, dan arus kas.

4. Tahap Keputusan

Setelah dievaluasi, dipelajari, dianalisis, dan hasilnya meyakinkan, langkah berikutnya adalah tahap pengambilan keputusan, apakah bisnis tersebut layak dilakasanakan atau tidak. Karena menyangkut keperluan investasi yang mengandung risiko maka keputusan bisnis biasanya didasarkan pada beberapa kriteria, seperti periode pembayaran Kembali (Pay Back period, PBP), Nilai sekarang bersih (Net Present Value, NPV), Tingkat pengembalian internal (internal Rate of Return, IRR), dan sebagainya.

Untuk menganalisis suatu keputusan bisnis dilakukan pengkajian terhadap hal-hal berikut:

  • Aset dan kewajiban, Perlu diketahui daftar atau data secara akurat tentang setiap harta dan semua kewajiban (liabilitas) yang akan diambil alih. Keakuratan data tersebut, jika memungkinkan, sebaiknya dinyatakan oleh akuntan publik yang bersertifikat.
  • Piutang usaha, Sebelum membeli suatu bisnis, mintalah daftar umur piutang usaha. Jika mungkin termasuk masalah penagihan yang dihadapi oleh perusahaan selama ini. Mintalah juga bukti mengenai beberapa persen bisnis itu mampu ditagih dalam kurun waktu tertentu dan apakah piutang dapat tertagih sesuai nilai ekonomisnya.
  • Lokasi usaha, Apakah lokasi usaha yang akan dibeli cukup strategis. Bika tidak strategis, berapa besar biaya yang harus dikeluakan untuk memindahkannya ke lokasi lain yang lebih strategis, terutama dari sudut pasar, bahan baku, dan tenaga kerja.
  • Persyaratan istimewa, Apakah ada persyaratan istimewa, misalnya lisensi, izin khusus, dan persyaratan hukum yang lain untuk bisnis tersebut. Apakah persyaratan istimewa tersebut juga termasuk dalam pembelian bisnis. dengan kata lain, apakah persyaratan istimewa tersebut juga dialihkan kepada pemilik baru.
  • Kontrak, Apakah bisnis tersebut terikat dengan kontrak-kontrak yang akan dialihkan kepada pemilik baru. Semua isi kontrak tersebut (secara legal dan praktis) yang akan diwarisi harus dipahami. Dapatkah semua kontrak itu dipindah tangankan kepada pemilik, terutama kontrak yang belum jatuh tempo.

Demikianlah pembahasan tentang Analisa bisnis anda sebelum memulai usaha maupun membeli usaha yang sudah berjalan.

Semoga bermanfaat, salam sukses selalu untuk kita semua.
treelight.id

Jika anda tertarik dengan layanan jasa digital marketing kami silahkan berkonsultasi dengan kami disini

Silahkan like dan share artikel ini jika bermanfaat untuk anda dan juga orang sekitar anda, saya gak maksa kok cuma minta dukungannya ajah hehe..

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram
Share on pinterest
Pinterest
Share on email
Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *