Apa itu Facebook Ads dan Manfaatnya untuk Bisnis Anda

Home Blog / Facebook Ads dan Manfaatnya untuk Bisnis Anda

Hai pembaca, terima kasih sudah mampir menyempatkan waktu untuk membaca artikel tentang Media sosial SEM. Ini sih hanya sekedar rangkuman, saya tulis catatan tentang facebook ads dan manfaatnya untuk bisnis anda. Saya coba tulis selengkap mungkin, mudah-mudahan bisa bermanfaat ya.

Disclaimer: Ini hanya sekedar pengertian dan rangkuman aja sih. Bukan murni hasil sendiri, hasil copas-comot dari berbagai sumber lain.

Anda, para pebisnis, ada satu cara jitu yang bisa Anda lakukan untuk memasarkan produk/jasa Anda dengan hasil efektif. Anda bisa memanfaatkan jasa iklan yang ditawarkan oleh Facebook bernama Facebook Ads.

Sebelum belajar Facebook Ads, perlu diketahui bahwa Indonesia merupakan negara penyumbang pengguna Facebook terbesar keempat di dunia setelah India, Amerika Serikat, dan Brasil.

Sebagai pemilik bisnis, apa yang terlintas dalam pikiran Anda ketika melihat banyaknya orang Indonesia yang menggunakan Facebook? Ya, benar. Anda bisa memanfaatkan Facebook untuk kebutuhan kanal marketing Anda. Anda bisa menjangkau lebih dari setengah penduduk Indonesia yang tersebar dari Sabang sampai Merauke menggunakan satu platform saja.

facebook ads, Apa itu Facebook Ads dan Manfaatnya untuk Bisnis Anda

Apa itu Facebook Ads?

Facebook Ads adalah media beriklan yang ditujukan kepada pengguna Facebook sebagai audiens nya. Penempatan iklan biasanya berada pada beranda atau sidebar. Terdapat beberapa macam iklan yang disediakan oleh Facebook Ads. Jika dilihat dari bentuknya terdapat iklan video dan iklan gambar. Facebook Ads juga memiliki beberapa kategori iklan yang dilihat dari tujuannya misalnya, Impression, Traffic, Lead dan lain sebagainya. 

Selain karena jumlah pengguna aktifnya yang berlimpah dan terus meningkat dari tahun ke tahun, Facebook Ads juga memiliki berbagai kelebihan sebagai platform iklan yang andal untuk bisnis Anda. Apa saja kelebihan Facebook Ads? Berikut penjelasannya:

Kelebihan Facebook Ads

Setelah mengetahui pengertian Facebook Ads, berikut ini beberapa alasan mengapa Anda harus beriklan di Facebook.

1. Pengguna Aktif

Pengguna Facebook tidak hanya banyak, tetapi juga aktif. Facebook adalah media sosial paling aktif kedua di Indonesia setelah YouTube. Orang Indonesia rata-rata menghabiskan waktu 3 jam 23 menit per hari di media sosial buatan Mark Zuckerberg ini.

2. Demografi Beragam

Selain memiliki pengguna berlimpah yang aktif, demografi pengguna Facebook juga beragam. Berdasarkan laporan We Are Social 2018, 56 persen pengguna Facebook adalah laki-laki dan 44 persen sisanya adalah perempuan. Dilihat dari kelompok usia, Facebook juga menawarkan target audience bermacam-macam.

3. Target Spesifik

Dari sekian banyaknya pengguna aktif dengan demografi yang beragam, Anda bisa menentukan target iklan Anda sespesifik mungkin. Anda bisa mempersempit target iklan berdasarkan lokasi, usia, hingga minat dan hobi.

4. Jangkauan Organik Facebook Tidak Cukup

Mungkin Anda sudah memiliki fanpage bisnis di Facebook dengan jumlah follower ribuan atau bahkan puluhan ribu. Sayangnya, kini Facebook menerapkan sistem timeline non linear yang seringkali menyebabkan follower Anda terlambat atau bahkan tidak melihat promo dan penawaran yang Anda posting di fanpage. Solusinya? Anda bisa memanfaatkan Facebook Ads. Facebook Ads tidak hanya memungkinkan untuk menjangkau follower Anda, tetapi juga mendapatkan follower baru. 

5. Remarketing

Sama dengan Google Ads, Facebook Ads juga menawarkan fitur remarketing. Dengan adanya fitur ini, target audience Anda tidak hanya melihat iklan Anda di Facebook, tetapi juga di website dan aplikasi yang bekerja sama dengan Facebook. Dengan begitu, Anda bisa mempertahankan buying intent target audience Anda melalui iklan yang tersebar di Facebook, website dan aplikasi yang bekerjasama dengan Facebook.

6. Efektif untuk Berbagai Tujuan Marketing

Facebook Ads menyediakan berbagai pilihan tujuan marketing, dari mendapatkan trafik, mengumpulkan leads, download aplikasi, hingga melakukan pembelian. Anda dapat memilih salah satu dari pilihan tujuan marketing yang paling sesuai dengan bisnis Anda. Lebih lengkapnya akan sekaligus saya bahas di poin langkah-langkah membuat Facebook Ads di bawah.

7. Biaya Facebook Ads yang Murah

Dibandingkan dengan channel iklan lainnya, Facebook Ads bisa dibilang memiliki biaya iklan yang murah. Dengan Rp 10.000,- Anda sudah bisa menyewa iklan di Facebook Ads. Tidak hanya itu, Facebook Ads juga memiliki fitur pengoptimalan anggaran iklan yang memaksimalkan jangkauan iklan namun dengan biaya yang terjangkau. Jika Anda sudah mahir memilih audiens iklan Anda, Facebook akan memberikan harga iklan yang sangat murah.

Manfaat Facebook Ads untuk Bisnis Anda

Berikut adalah beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan bagi bisnis Anda, bila Anda memasang iklan melalui Facebook Ads!

1. Penargetan yang Efektif

Facebook menawarkan sejumlah besar opsi penargetan dan penargetan ulang agar Anda bisa menayangkan iklan kepada target audience yang telah didefinisikan secara mendetail (sesuai dengan demografi, lokasi, perilaku, dalam golongan audience yang mirip, dan masih banyak lagi detail yang lainnya).

Facebook ini bisa memudahkan Anda dalam menangani kampanye iklan di berbagai media sosial, dengan fitur yang sebenarnya sangat mudah digunakan. Mengapa mudah dipakai? Karena sudah dibuat untuk memandu Anda menyiapkan kampanye iklan Anda. Dengan beberapa klik saja, Anda sudah bisa menjalankan berbagai iklan di Facebook, Instagram, Audience Network, dan Messenger baik pada layar ponsel maupun desktop. Anda tinggal megatur preferensi Anda sendiri sesuai dengan kepentingan bisnis Anda.

Anda juga dapat memasukkan piksel tracking ke dalam page di website Anda agar Anda bisa menargetkan pelanggan ideal Anda dengan produk apa saja yang paling mereka minati.

2. Jangkauan Target yang Luas

Traffic seluler saat ini menjadi sangat penting karena penetrasi smartphone terus meningkat dan jaringan data 4G semakin berkembang. Banyak orang melirik smartphone dan mengakses media sosial bahkan di tengah-tengah pekerjaan penting mereka, lihat saja sekitar Anda. Dengan hadirnya Facebook Ads ini, Anda mendapatkan akses ke audience seluler Anda dan pesan iklan yang Anda pasang pasti sampai di layar mereka.

Bicara soal Facebook sendiri, penggunanya kini sudah mencapai lebih dari 1,74 miliar. Hampir seluruh penggunanya mengakses aplikasi seluler mereka di smartphone setiap hari, dan angka penggunaannya terus berkembang. Jadi, Facebook Ads layak dicoba.

3. Analisa Lanjutan untuk Penargetan Berikutnya

Facebook juga tidak berfokus hanya pada analitik dan pelaporan untuk iklan yang dikerjakannya. Daripada berjuang untuk melihat seberapa tinggi tingkat konversi Anda dan bagaimana metrik sosial yang lainnya, dengan Facebook Ads Anda bisa mengatur perencanaan iklan Anda dengan jelas di depan Anda dengan langkah yang lebih mudah dimengerti.

Saat mengelola halaman Facebook, Anda bisa mengakses data ini lewat tab “wawasan” di mana pihak Facebook akan memberi Anda metrik seperti jangkauan mingguan, page yang disukai, keterlibatan pos, pos yang berkinerja terbaik – dan Anda juga bisa mengukur page Anda dengan metrik persaingan untuk melihat bagaimana kecocokkan penargetan Anda.

Visibilitas data ini benar-benar dapat membantu Anda dalam menyesuaikan kampanye iklan Anda sesuai dengan kebutuhan, dibandingkan hanya mencari tahu apakah itu efektif ataukah tidak setelah muncul beberapa fakta.

4. Meningkatkan Brand Awareness

Pengguna Facebook memeriksa news feed mereka sejumlah beberapa kali per hari. Inilah yang memberi kesempatan agar target pasar Anda bisa berulang kali menerima paparan atau exposure akan iklan yang sudah Anda pasang.

Bahkan jika target pasar Anda itu tidak mengklik di awal, jika iklan Anda terlihat secara lanjutan, iklan Anda bisa berpotensi membantu Anda dalam membangun kepercayaan. Jika kepercayaan pasar sudah terbangun, Anda juga bisa menciptakan peluang untuk penargetan ulang di waktu yang akan datang.

5. Meningkatkan CTR (Click Through Rate)

Kualitas dan keakuratan hasil dari iklan Facebook juga meningkat terus. Mengapa? Karena Facebook meningkatkan tool periklanan dan bisnisnya secara terus-menerus sehingga Facebook dapat dikatakan konsisten mempelajari berbagai hal terkait penggunaan Facebook Ads ini dengan tepat. Dan sekarang, dengan peningkatan konstan pada penargetan serta hasil akhir yang kreatif, Anda bisa menghubungi audience yang tepat yang ingin Anda jangkau. Selain itu, audience itu dapat memiliki kebebasan untuk jadi kreatif dengan beberapa jenis iklan yang bisa Anda pilih dan tampilkan kepada calon customer atau pelanggan Anda.

Demikianlah pembahasan tentang Facebook Ads dan manfaatnya untuk bisanis anda.

Semoga bermanfaat, salam sukses selalu untuk kita semua.
treelight.id

Jika anda tertarik dengan layanan jasa digital marketing kami silahkan berkonsultasi dengan kami disini

Silahkan like dan share artikel ini jika bermanfaat untuk anda dan juga orang sekitar anda, saya gak maksa kok cuma minta dukungannya ajah hehe..

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram
Share on pinterest
Pinterest
Share on email
Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *