Apa itu Bisnis Digital?

Home Blog / Bisnis Digital

Hai treelighters, terima kasih sudah mampir menyempatkan waktu untuk membaca artikel tentang Bisnis Digital. Ini sih hanya sekedar rangkuman, saya tulis catatan tentang  Apa itu Bisnis Digital. Saya coba tulis selengkap mungkin, mudah-mudahan bisa bermanfaat ya.

bisnis digital, Apa itu Bisnis Digital?
Sumber Gambar : pixabay.com

Sesuai dengan judul artikel ini Apa itu Bisnis Digital?
Bisnis digital adalah suatu jenis usaha yang memanfaatkan kecanggihan teknologi ketika menciptakan sebuah produk ataupun memasarkannya.

Berbeda dengan yang kita pahami sebelumnya, bisnis digital tidak semata terkait dengan penjualan produk tanpa wujud saja, seperti perangkat lunak komputer (software). Bisnis digital juga tidak hanya tentang produk fisik yang dikemas dalam bentuk digital seperti ebook (buku elektronik). 

Lebih dari itu, semua jenis usaha yang menjual produknya secara online, baik menggunakan website atau aplikasi termasuk dalam ranah bisnis digital. Ecommerce adalah salah satu contohnya. 

Produk bisnis digital bisa berupa barang ataupun jasa. Sebagai contoh, jika Anda memiliki kemampuan dalam memberikan motivasi pengembangan diri, Anda bisa menjadi seorang motivator online yang sukses. Keahlian ini bisa menjadi inti bisnis digital yang Anda tekuni.

Kelebihan Bisnis Digital

Jika sudah membaca pengertian bisnis digital dan Anda masih ragu untuk terjun ke dunia bisnis digital, berikut ini beberapa keunggulan yang dapat Anda jadikan pertimbangan:

1. Pilihan yang Beragam

Perkembangan teknologi diprediksi belum akan berhenti bahkan hingga beberapa dekade mendatang. Artinya, masih banyak inovasi yang bisa dihasilkan sebagai peluang usaha. Anda hanya perlu cermat mengamati kebutuhan pasar dan menciptakan produk yang dibutuhkan masyarakat.  

2. Jangkauan Pasar yang Luas

Jika Anda menggeluti bisnis digital yang dijalankan secara online, pangsa pasarnya tentu akan lebih luas. Hal ini karena Anda tetap bisa menjalankan bisnis tersebut di mana pun Anda berada, selama 24 jam. Hal ini tentu bergantung dengan bisnis yang Anda geluti. 

3. Bertujuan Jangka Panjang

Pengguna internet di Indonesia terus meningkat, mencapai 171 juta jiwa di tahun 2018 lalu. Itulah alasan mengapa banyak perusahaan melakukan transformasi digital, untuk meraih potensi besar tersebut. Tidak hanya itu, bisnis digital juga merupakan upaya untuk membangun identitas online yang bertujuan jangka panjang. Anda tentu menyadari bahwa Anda akan ketinggalan jika tidak turut ambil bagian. 

4. Memberikan Kenyamanan kepada Pelanggan

Di tengah kesibukan menjalankan rutinitas, sebagian orang mungkin tidak sempat pergi ke suatu tempat untuk membeli sesuatu. Bisnis digital mampu memberikan solusi untuk permasalahan ini. Ya, bisnis digital menawarkan kenyamanan yang lebih kepada pelanggan. 

Misalnya, Anda bisa membeli novel kesukaan Anda dalam bentuk digital secara online. Selain tidak perlu repot ke toko buku, Anda cukup membuka handphone untuk membaca novel tersebut. Praktis, bukan?

5. Potensi Penghasilan Tanpa Batas

Inilah yang terpenting. Bisnis digital yang dipasarkan secara online memiliki potensi penghasilan tanpa batas. Bayangkan jika pelanggan Anda berasal dari seluruh dunia. Tentu omset penghasilan Anda akan semakin berlipat ganda.

Hal Utama yang Perlu Anda Disiapkan

Nah, jika berbagai keunggulan di atas membuat Anda tertarik menggeluti jenis bisnis ini, lalu apa saja yang perlu Anda siapkan?  

1. Pemilihan Niche Yang Potensial

Niche adalah jenis bisnis yang ingin Anda geluti secara spesifik. Kejelian Anda dalam melihat peluang pasar turut menentukan niche yang Anda pilih. Beberapa niche memiliki potensi menghasilkan keuntungan yang lebih besar dari yang lain. 

Namun, Anda juga bisa memulainya dari dalam diri Anda sendiri, yaitu terkait dengan keahlian yang Anda miliki. Misalnya, jika Anda gemar mencicipi berbagai makanan lezat, review makanan mungkin bisa jadi niche Anda.  

2. Waktu Untuk Mengembangkannya

Anda mungkin pernah mendengar peribahasa “Kota Roma tidak dibangun dalam semalam” kan? Dalam bisnis, hal ini juga berlaku. Beberapa ide bisnis digital yang Anda geluti bisa saja tidak menunjukkan hasil di minggu pertama. Kesabaran Anda adalah kuncinya. 

Selain itu, perhitungkan dengan baik investasi waktu yang telah Anda berikan dengan potensi keuntungan yang akan Anda terima.

3. Memiliki Sebuah Website Yang Menarik

Ide bisnis digital memerlukan kehadiran sebuah website yang tidak hanya mendatangkan pengunjung, tapi juga menghasilkan transaksi penjualan. Untuk membangun sebuah website, Anda perlu menyewa hosting dan membeli sebuah domain sesuai jenis bisnis Anda. Setelah memiliki website Anda akan mampu memasuki bisnis digital untuk jangka panjang dengan lebih percaya diri. 

Lalu bisnis digital apa yang ingin anda bangun?
Kesempatan untuk menjalankan bisnis digital di Indonesia masih sangat potensial. 
Demikianlah pembahasan tentang bisnis digital. Semoga bermanfaat, salam sukses selalu untuk kita semua.
treelight.id

Jika anda tertarik dengan layanan jasa digital marketing kami silahkan berkonsultasi dengan kami disini

Silahkan like dan share artikel ini jika bermanfaat untuk anda dan juga orang sekitar anda, saya gak maksa kok cuma minta dukungannya ajah hehe..

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram
Share on pinterest
Pinterest
Share on email
Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *