Kupas Tuntas Lengkap Tentang BRANDING Untuk Bisnis Anda

Home Blog / Branding

Hai pebisnis, terima kasih sudah mampir menyempatkan waktu untuk membaca artikel tentang Branding. Ini sih hanya sekedar rangkuman, saya tulis catatan tentang kupas tuntas lengkap tentang branding untuk bisnis anda. Saya coba tulis selengkap mungkin, mudah-mudahan bisa bermanfaat ya.

brand, Kupas Tuntas Lengkap Tentang BRANDING Untuk Bisnis Anda

Bagi sebuah perusahaan, branding tidak sekadar berfungsi sebagai corporate identity, tetapi dapat meningkatkan brand image (Citra yang terbentuk dalam benak konsumen mengenai sebuah merk tertentu) yang luar biasa, jika digarap dengan profesional.

Pengertian Branding

Branding adalah serangkaian aktivitas yang dilakukan untuk merepresentasikan sebuah brand di mata dan pikiran publik. Proses branding sendiri bertujuan untuk menciptakan keunikan di pikiran konsumen yang dilakukan melalui kampanye marketing dan iklan dengan tema yang konsisten. Jadi Branding secara sederhana adalah proses bagaimana sebuah produk bisa dikenal oleh masyarakat luas sehingga akan meningkatkan penjualannya dan memberi kekuatan brand pada produk dan layanan.

Unsur-unsur Branding

Karena sebuah brand adalah identitas dan kegiatan branding akan menyangkut pada pengenalan identitas tersebut pada masyarakat, maka dalam proses branding tersebut, kita harus memahami unsur-unsur yang harus disertakan agar produk kita mudah diingat. Adapun Unsur-unsur branding yang harus kita penuhi adalah:

1. Nama Merek

Nama adalah hal pertama yang harus dipenuhi jika kita akan melakukan branding. Tanpa sebuah nama, maka produk tidak akan memiliki identitas yang akan memudahkannya untuk dikenali masyarakat.

2. Logo (logo type, monogram, bendera)

Dalam pembuatan logo, perhatikanlah faktor keunikan dan image yang sesuai dengan brand. Logo yang unik akan meninggalkan kesan tak terlupakan bagi konsumen.

3. Tampilan Visual

Tampilan visual ini bisa diaplikasikan pada desain produk, desain kemasan, desain seraga, dan lain sebagainya. Menggunakan tampilan visual dengan warna-warna yang cerah atau elegan akan menambah pencitraan terhadap sebuah produk.

4. Penggunaan Juru Bicara

Juru bicara dalam hal ini bisa jadi  seorang co-founder dari perusahaan, maskot, tokoh perusahaan, atau orang terkenal yang telah diajak bekerja sama untuk meningkatkan pemasaran produk.

5. Suara (lagu tematik)

Kehadiran sebuah lagu akan melengkapi unsur visualisasi branding dan membuatnya lebih indah dan lebih diingat.

6. Kata-kata (slogan, tagline, jingle, akronim)

Slogan yang cerdas selalu meninggalkan kesan mendalam. Dalam proses pembuatan brand, gunakan kata- kata yang memiliki unsur ceria dan positif, mudah diingat, dan beda dari brand lain.

Jenis-Jenis Branding

Sama seperti unsur branding jenis branding pula memiliki beberapa point yang perlu anda ketahui sebagai berikut:

1. Cultural Branding

Merupakan usaha pemberian identitas atau merek yang disesuaikan dengan keadaan reputasi suatu bangsa atau orang-orang dari daerah tertentu.

2. Product Branding

Merupakan usaha pemberian identitas pada sebuah produk yang mampu memengaruhi konsumen untuk memilih produk tersebut dibandingkan produk pesaing lainnya.

3. Geographic Branding

Sebuah usaha pemberian identitas yang memiliki tujuan dalam memunculkan gambaran dari produk atau jasa yang identik dengan nama sebuah lokasi sehingga bila lokasi itu disebut maka orang akan langsung mengingat brand tersebut.

4. Personal Branding

Usaha  yang digunakan oleh perseorangan untuk menjadikan diri mereka sebagai brand yang dikenal dan diingat sehingga memiliki penilaian atau pandangan tersendiri dari masyarakat umum. Contoh personal branding adalah artis, pemusik, ataupun orang-orang terkenal lainnya.

5. Corporate Branding

Aspek branding dari sebuah  perusahaan yang dimulai dari produk yang ditawarkan hingga kontribusi pegawai perusahaan terhadap masyarakat.

Artikel-artikel tentang Branding disini

Fungsi Branding

Fungsi Branding adalah untuk menanamkan image dan citranya di masyarakat bahkan konsumennya, jika perusahaan tersebut memiliki produk yang mereka jual, sehingga dengan adanya branding (merk dagang atau corporate identity) diharapkan brand atau merk mereka akan senantiasa diingat oleh masyarakat atau konsumennya dalam jangka waktu yang lama. Adapun fungsi branding untuk mengembangkan bisnis anda sebagai berikut:

  1. Sebagai pembeda sehingga produk tersebut akan memiliki pembeda dengan kekuatan yang lebih dibandingkan dengan brand competitor
  2. Daya tarik sekaligus promosi sehingga akan membantu dalam memberikan magnet bagi konsumen sehingga produk tersebut akan jauh lebih mudah untuk dipromosikan
  3. Membangun prestise, keyakinan, citra dan juga jaminan kualitas untuk membantu dalam membentuk sebuah citra yang lebih mudah untuk diingat oleh masyarakat
  4. Pengendali pasar sehingga dengan adanya fungsi ini, maka brand tersebut akan lebih mudah untuk dikenali sebab tingkat kepercayaan masyarakat atas produk tersebut sangatlah tinggi

Tujuan Branding

Terdapat tiga tujuan dalam membangun brand, yaitu: membentuk persepsi, membangun kepercayaan dan membangun cinta (kepada brand) (Neumeier, 2003:41). Fungsi branding secara detail dapat dijelaskan sebagai berikut:

1. Pembeda

Suatu produk akan memiliki perbedaan dengan pesaingnya bila memiliki brand yang kuat, sehingga sebuah brand dapat dengan mudah dibedakan dari brand yang lain.

2. Promosi dan Daya Tarik

Produk yang memiliki brand akan dengan mudah dipromosikan dan menjadi daya tariknya. Promosi sebuah brand akan dengan mudah mempromosikan produknya dengan menampilkan logo brand tersebut.

3. Pembangun Citra, Pemberi Keyakinan, Jaminan Kualitas, dan Prestise

Sebuah brand juga berfungsi membentuk citra dengan memberi alat pengenalan pertama kepada masyarakat. Keyakinan, kualitas dan prestise sebuah produk akan melekat dalam sebuah brand dari pengalaman dan informasi dari produk tersebut.

4. Pengendali Pasar

Pasar akan mudah dikendalikan oleh brand yang kuat. Brand tersebut akan menjadi peringatan bagi para kompetitornya untuk mengambil setiap langkah yang diambilnya, di samping itu masyarakat akan dengan mudah diberi informasi tambahan dengan adanya brand yang diingat olehnya.

Manfaat Branding

Pentingnya membangun Branding karna karna memiliki manfaat yang bisa Anda dapatkan dari adanya tindakan branding:

1. Mudah dikenali oleh public

Dengan memiliki brand, maka hal semacam ini akan mempermudah bagi Anda dalam mendapatkan pengakuan dari orang lain. Sebuah produk yang bermerek akan jauh lebih efektif dalam kegiatan promosi dibandingkan dengan produk non-merek. Mudah diingat dan dikenali, sebagai prestise dan bahkan mampu mengendalikan harga.

2. Menjadi pembeda antara setiap produk

Jika berbicara mengenai sebuah produk bakso, saat ini banyak sekali bakso yang memiliki cita rasa yang sangat menggoda. Namun, dari sekian banyak bakso tersebut, akan susah bagi Anda untuk mengenali bakso mana yang sangat direkomendasikan. Menanggapi adanya hal tersebut, maka peran branding sangatlah penting untuk menjadi sebuah pembeda.

3. Berpengaruh pada sisi psikologi pembeli

Branding juga mampu mempengaruhi psikologi seorang pembeli. Dalam hal ini, jika sebuah produk memiliki brand, maka banyak pembeli yang beranggapan jika produk tersebut sangat berkualitas dan dikelola oleh pihak yang profesional. Tidak mengherankan jika banyak pembeli yang akan memilih yang pasti-pasti saja.

Demikianlah pembahasan tentang Branding untuk bisnis anda secara lengkap ini.

Semoga bermanfaat, salam sukses selalu untuk kita semua.
treelight.id

Jika anda tertarik dengan layanan jasa digital marketing kami silahkan berkonsultasi dengan kami disini

Silahkan like dan share artikel ini jika bermanfaat untuk anda dan juga orang sekitar anda, saya gak maksa kok cuma minta dukungannya ajah hehe..

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram
Share on pinterest
Pinterest
Share on email
Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *