Cara Menjadi DROPSHIP dan Menjual Produknya

Home Blog / Cara Dropship

Hai seller, terima kasih sudah mampir menyempatkan waktu untuk membaca artikel tentang Bisnis. Ini sih hanya sekedar rangkuman, saya tulis catatan tentang cara menjadi DROPSHIP dan menjual produknya. Saya coba tulis selengkap mungkin, mudah-mudahan bisa bermanfaat ya.

Disclaimer: Ini hanya sekedar pengertian dan rangkuman aja sih. Bukan murni hasil sendiri, hasil copas-comot dari berbagai sumber lain.

cara dropship, Cara Menjadi DROPSHIP dan Menjual Produknya
Sumber Gambar : pixabay.com

Apa itu DROPSHIP?

Dropship Adalah Sistem Dimana Seseorang Dapat Menjual Barang Tanpa Harus Memiliki Stok Barang. Dengan Memanfaatkan Kerja Sama Antar Supplier, Seorang Dropshipper Bisa Mendapatkan Keuntungan Dari Selisih Harga Jual (Ke Sipembeli) Dan Harga Beli (Ke Supplier).
Sumber: Wikipedia

Jika anda belum tahu tentang cara kerja, kelebihan dan kekurangan  tentang DROPSHIP silahkan baca artikel sebelumnya disini

Cara Menjadi Dropship

Lalu bagaimana min kalau saya ingin menjadi seorang dropship?
Untuk menjadi seorang DROPSHIP sebenarnya cukup mudah
Kamu Hanya Perlu Mencari Banyak Referensi Untuk Memulai Bisnis Ini. Berikut Ini Langkah-Langkah Untuk Memulai Bisnis Dropship Kamu:

1. Cari Produk Yang Ingin Dijual

Sebelum Memulainya, Pastikan Kamu Mencari Produk Yang Ingin Kamu Jual Atau Pasarkan. Sebagai Tips Dan Tambahan, Usahakan Mencari Produk Yang Dipakai Orang Setiap Harinya. Dengan Demikian, Kamu Mudah Untuk Menjualnya.

Disisi Lain, Kamu Juga Bisa Menjual Berbagai Produk Yang Sesuai Dengan Minat Kamu Atau Dengan Lingkungan Sekitar Kamu. Ini Bertujuan Agar Kamu Semakin Mudah Memahami Target Market Produk Yang Ingin Kamu Jual.

2. Cari Supplier Yang Terpercaya

Bagian Ini Sangat Penting. Kamu Harus Mencari Supplier Atau Penjual Yang Terpercaya. Dari Segi Kualitas Produk, Review Pelanggan Dan Lainnya. Ini Bertujuan Agar Nantinya Pembeli Kamu Tidak Merasa Kecewa Pada Barang Yang Ia Beli Dari Kamu.

Bagaimana Caranya..?

Ada Satu Cara Yang Paling Mudah Untuk Kamu Lakukan Pada Tahap Ini. Di Tokopedia Dan Bukalapak Ada Fitur Premium Member. Manfaatkan Fitur Ini Untuk Mencari Supplier. Biasanya, Mereka Yang Menggunakan Premium Member Adalah Orang-Orang Yang Serius Dalam Berjualan.

Namun Kecepatan Respon Juga Harus Kamu Perhitungkan. Ini Juga Penting Ketika Kamu Akan Bertransaksi Dengannya. Lewati Supplier Yang Merespon Terlalu Lama Walau Ia Premium Member Di Kedua Marketplace Tersebut Karena Ini Bisa Menghambatmu Nantinya.

3. Cari Produk & Bandingkan Harga

Tahap Paling Krusial Adalah Menentukan Harga Jual. 10-20% Profil Adalah Harga Yang Anjurkan Oleh Para Senior Dalam Bisnis Ini.

Jangan Puas Mencari Hanya Di Satu Atau Dua Tempat Saja. Intinya, Semakin Banyak Referensi Semakin Baik. Kamu Juga Harus Membandingkan Harga Jual Di Toko Satu Dan Toko Lainnya Agar Kamu Bisa Menentukan Harga Jual Yang Tepat.

Walau, Sebagian Supplier Telah Menentukan Harga Jual Bagi Dropship Dengan Tujuan Agar Tidak Terjadi Perang Harga. Namun Banyak Supplier Yang Memberikan Kebebasan Bagi Dropshippernya Untuk Menentukan Harga Jual Sendiri.

Cara Menjual Produk Dropship

Ditahap Akhir Adalah Bagaimana Kamu Memaksimalkan Produk Yang Harus Kamu Jual Tersebut. Ada Banyak Cara Yang Bisa Kamu Lakukan Untuk Menjualnya. Dan saya coba untuk membagikan pengalaman saya yang dulu sebagai dropsip:

1. Buat Website Sendiri

Jika Kamu Menjualnya Secara Online, Kamu Bisa Membuat Toko Online Khusus Produk Dropship Kamu. Ini Bertujuan Agar Kamu Terlihat Seperti Penjual Yang Profesional Dan Terpercaya. Dengan Memanfaatkan Toko Online Sendiri, Kamu Juga Bisa Secara Perlahan Untuk Membangun Brand Kamu Sendiri.

2. Gunakan SEO

Dengan Membuat Toko Online Sendiri, Kamu Bisa Menggunakan Teknis Seo Agar Jualan Kamu Semakin Laris. Apa Lagi, Produk Yang Kamu Jual Dengan Low Kompetitor Di Search Engine, Maka Kamu Akan Terus Kebanjiran Order Dari Online.

3. Manfaatkan Media Sosial

Sosial Media Adalah Ladang Empuk Yang Bisa Kamu Garap Untuk Menghasilkan Pundi-Pundi Rupiah. Kamu Bisa Menjual Produk-Produk Kamu Di Sosial Media Kamu Agar Semakin Banyak Orang Yang Mengetahui Bawah Kamu Menjual Produk Tersebut. Selain Profil, Kamu Juga Bisa Memanfaatkan Halaman Di Facebook Untuk Berjualan. Dengan Demikian Kamu Bisa Menggunakan Teknik Facebook Ads Untuk Meningkatkan Penjualan Kamu.

4. Jual Di Marketplace

Kamu Juga Bisa Menjual Produk Dropship Kamu Keberbagai Marketplace Lokal. Manfaatkan Situs Seperti Tokopedia, Bukalapak, Lazada, Kaskus Jual Beli, Blanja, Dan Beberapa Marketplace Lokal Yang Bisa Mendongkrak Penjualanmu.
Lah… Saya Dapat Suppliernya Dari Marketplace Juga? Bagaimana Donk?
Enggak Masalah. Walau Kamu Mendapatkan Supplier Dari Marketplace Lokal Dan Kamu Jual Menjualnya Di Marketplace Lokal Tidak Menjadi Masalah.

5. Jual Secara Offline

Selain Menjual Produk Dropship Kamu Secara Online, Kamu Juga Bisa Menjualnya Secara Offline. Apa Lagi, Produk Yang Kamu Jual Adalah Produk Yang Digunakan Sehari-Hari, Maka Akan Lebih Mudah Untuk Menjualnya.

Tawarkan Kepada Lingkungan Sekitar Kamu Produk Yang Kamu Jual. Jika Kamu Tepat Dalam Memberikan Harga Jual Di Tahap Awal Tadi, Maka Bisa Dipastikan Produk Kamu Akan Laris Manis.

6. Fokus Dalam Menjual Produk

Fokus Dalam Menjual Produk Adalah Cara Menjadi Dropshipper Yang Baik. Artinya, Jangan Terlalu Banyak Menjual Produk. Fokus Lah Kepada Produk Yang Gampang Untuk Kamu Jual.

Jangan Terpaku Hanya Karena Besarnya Profit Yang Kamu Dapatkan, Namun Fokuslah Di Kelanjutan (Continue) Produk Yang Kamu Jual.

7. Audit

Audit Sangat Penting Untuk Selalu Kamu Lakukan. Ini Bertujuan Agar Kamu Selalu Bisa Siap Siaga. Seperti Mengaudit Teknik Marketing Yang Kamu Lakukan, Mengaudit Harga Pasar, Dan Produk Yang Kamu Jual.

Ini Sangat Penting Karena Bisa Saja Teknik Yang Kamu Lakukan ‘Sudah Usang’. Atau Harga Yang Kamu Jual Jauh Lebih Mahal Dari Orang Lain Setelah Sekian Bulan. Atau Bahkan Produk Yang Kamu Jual Ternyata Kurang Berkualitas Dan Kamu Bahkan Mengabaikan Review Pembeli Kamu.

Nah, Cara Apa Pun Yang Penulis Jabarkan Diatas Bisa Kamu Manfaatkan Sebaik Mungkin. Tinggal, Bagaimana Keuletan Kamu Dalam Menjalankannya Akan Menentukan Hasil. Banyak Cara Menjadi Dropshipper Sukses Di Tokopedia, Bukalapak, Lazada, Atau Yang Lainnya.

Demikianlah pembahasan tentang Cara menjadi DROPSHIP dan menjual produknya secara singkat.

Semoga bermanfaat, salam sukses selalu untuk kita semua.
treelight.id

Jika anda tertarik dengan layanan jasa digital marketing kami silahkan berkonsultasi dengan kami disini

Silahkan like dan share artikel ini jika bermanfaat untuk anda dan juga orang sekitar anda, saya gak maksa kok cuma minta dukungannya ajah hehe..

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram
Share on pinterest
Pinterest
Share on email
Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *