Cara Memulai Bisnis di Media Sosial

Home / Blog / Cara Memulai Bisnis di Media Sosial

Hai pembaca, terima kasih sudah mampir menyempatkan waktu untuk membaca artikel tentang Bisnis di Media Sosial. Ini sih hanya sekedar rangkuman, saya tulis catatan tentang Cara Memulai Bisnis di Media Sosial . Saya coba tulis selengkap mungkin, mudah-mudahan bisa bermanfaat ya.

Disclaimer: Ini hanya sekedar pengertian dan rangkuman aja sih. Bukan murni hasil sendiri, hasil copas-comot dari berbagai sumber lain.

cara memulai bisnis, Cara Memulai Bisnis di Media Sosial
Sumber Gambar : pixabay.com

Dahulu, jika kita berbicara bisnis maka lokasi toko, tempat kantor serta stok barang menjadi komponen paling penting. Tapi, nampaknya hal tersebut berbeda 180 derajat jika kita berbicara media sosial untuk bisnis hari ini.

Betapa banyak orang yang mengandalkan penghasilan hanya dari channel-channel sosial media (facebook, instagram, youtube). Mulai dari kategori seleb, produk kreatif, kuliner, hingga jasa buzzer laris manis terjual dengan bisnis model yang sama sekali baru.

Disadari atau tidak, model bisnis dropshippingpre-order, same-day delivery dan pola-pola bisnis sejenis yang terus berkembang membuat kebutuhan akan sewa ruko, kantor, stok barang menjadi kurang relevan.

Pertanyaan selanjutnya, lalu bagaimana cara kita jika ingin memulai bisnis di sosial media ini? Sebelumnya, berikut beberapa konsep dasar yang harus kita pahami.

1. Social Media, New Kind of Interaction

Jika Anda sudah membaca artikel mengenai tren masa depan mobile web, kita bisa melihat bahwa anak muda sekarang paling banyak menghabiskan waktu di depan Hp ketimbang media lainnya.

Praktis, segala keperluan anak muda hampir semuanya sudah mulai dipenuhi oleh apa-apa yang ada dalam device mereka.

Contoh sederhana adalah aplikasi chatting Line, yang di China sudah mulai mencakup fungsi e-commerce. Mereka merilis chatbot yang mengatur segala jenis transaksi mulai dari pembelian pulsa, pembayaran listrik sampai pembelian pakaian, sepatu, serta keperluan lainnya.

Ini adalah salah satu pertanda, bahwa media sosial ke depan tidak hanya digunakan untuk berinteraksi tapi juga menjadi sumber peredaran uang.

Dari introduksi ini, sepertinya kita sudah harus sadar pentingnya memiliki channel media sosial sebagai langkah awal implementasi ide bisnis kita.

Artikel tentang Media Sosial Marketing disini

2. Fokus pada Satu Channel

Ya, Fokus dalam kasus ini adalah koentji. Tidak jarang saya melihat Pebisnis pemula yang membuat akun bisnis di semua jenis media sosial.

Walaupun itu semua gratisan, yakinlah akan banyak energi bisnis yang terbuang sia-sia hanya untuk mengurus media sosial tersebut.

Contoh sederhananya, katakanlah sebuah UKM memiliki 4 akun media sosial mainstream seperti Youtube, Facebook, Instagram, dan Twitter. Jika dalam 1 bulan mereka hanya membuat 2 posting di masing-masing media tersebut, apakah ada orang yang tertarik mengikuti akun medsos Anda?

Bandingkan jika ke-delapan posting tersebut hanya ada pada satu akun, dibuat secara khusus sesuai jenis audience di media Anda. Tentu hasilnya akan berbeda bukan?

3. Content is the King, But Context is the Queen

Dalam mem-follow atau mengikuti satu akun, orang harus punya alasan kuat kenapa mereka harus mengikuti akun tersebut. Oleh karenanya ini bukanlah hal yang mudah.

Selain konsistensi, dibutuhkan pula konten yang berisi serta relevan dengan kebutuhan para follower Anda. Jika dari posting saja Anda hanya punya 2 info dalam sebulan, kira-kira siapa yang berminat jadi follower Anda?

Pun kalau kita berkaca dari para seleb sosial media, rerata mereka-pun terkenal awalnya hanya dari satu channel media sosial yang mereka miliki.

Misal, Mba Awkarin, yang awalnya terkenal hanya dari akun Ask.fm, atau Bang Jonru, jadi blogger bertahun-tahun tapi akhirnya viral dari Page Facebook, Ria Ricis pun, sebelum banyak monetisasi via YouTube, mengawali karir di channel Instagram-nya.

Dari sini sudah terbayang kan, bagaimana pentingnya fokus dalam pengembangan satu channel media sosial saja?

Itulah kira-kira dua konsep dasar yang harus kita pahami sebelum memulai bisnis online lewat media sosial.

Selamat memulai karir Anda di media sosial! Jika ada pertanyaan atau diskusi, silakan sapa kami lewat kolom komentar.

Artikel tentang Konten disini

Baik, jadi itulah catatan dan rangkuman tentang Cara Memulai Bisnis di Media Sosial, menarik bukan? Saya yakin saat ini di benak Anda terlintas, “Wah, saya harus berbisnis dimedia sosial nih” dari pada hanya bermain gadget buang-buang kuota tanpa menghasilkan hehehe…

Semoga bermanfaat, salam sukses selalu untuk kita semua.

Treelight.id

Jika anda tertarik dengan layanan jasa digital marketing kami silahkan berkonsultasi dengan kami disini

Silahkan like dan share artikel ini jika bermanfaat untuk anda dan juga orang sekitar anda, saya gak maksa kok cuma minta dukungannya ajah hehe..

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram
Share on pinterest
Pinterest
Share on email
Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *