Kupas Tuntas Tentang Apa Itu DIGITAL MARKETING

Home Blog / Digital Marketing

Hai pembaca setia TreeLighters, terima kasih sudah mampir menyempatkan waktu untuk membaca artikel tentang Digital Marketing. Ini sih hanya sekedar rangkuman, saya tulis catatan untuk mengupas tuntas tentang apa itu digital marketing. Saya coba tulis selengkap mungkin, mudah-mudahan bisa bermanfaat ya.

digital marketing, Kupas Tuntas Tentang Apa Itu DIGITAL MARKETING

Apa itu Digital Marketing

Digital Marketing adalah aktifitas atau kegiatan pemasaran dengan serangkaian cara dan teknik yang menggunakan media digital yang bertujaan mendapatkan traffic, data, dan customer.

Pemasaran adalah serangkaian upaya untuk menyampaikan, menyebarluaskan, dan menawarkan sesuatu agar tercapai tujuan tertentu. Sedangkan digitalartinya peralatan canggih  yang identik dengan teknologi yang selalu berkembang dan memberikan kemudahan pada masyarakat.

Contoh media digital,  website, sosial media, online store, marketplace, digital payment, aplikasi, search engine, adalah teknologi digital modern yang paling akrab dengan masyarakat saat ini.

Diantara itu semua dapat dimanfaatkan untuk membantu pemasaran produk, usaha atau bisnis yang lebih modern dan potensial karena mempunyai akses nya sangat cepat dan luas jangkauannya.

Manfaat dan Tujuan Digital Marketing Untuk Bisnis

Ada beberapa manfaat dan tujuan dari digital marketing untuk bisnis di antaranya:

1. Target Pasar

Tujuan utama dari “digital marketing” adalah pemasaran yang memanfaatkan alat atau media digital untuk menjangkau target konsumen secara cepat, tepat dan luas. Selain itu juga bisa lebih efektif dan efisien dalam penggunaan dana iklan untuk kepentingan usaha atau bisnis.

2. Meningkatkan Brand Awarness

Sebenarnya meningkatkan brand awareness adalah bagian dari pemasaran konvensional maupun digital, dimana tujuannya untuk mengenalkan suatu produk atau merek kepada masyarakat. Semakin terkenal suatu merek/brand maka semakin mudah diterima oleh konsumen.

Beriklan di televisi, baliho, radio yang biasa disebut iklan konvensional pada dasarnya adalah upaya meningkatkan brand Awareness. Di era digital bisa menggunakan display adverstiser Google Ads, atau Facebook dan Instagram.

Hukum pemasaran adalah semakin dikenal baik sebuah produk dan merk oleh khalayak, maka akan lebih mudah diterima oleh konsumen.

3. Membangun Database Market

Bagaimana jika kita punya database market konsumen yang tepat dan sesuai dengan produk atau jasa kita?

Sebagai contoh bisnis hijab, dengan digital marketing bisa mengumpulkan prospek konsumen dengan kriteria wanita usia 18-40, muslim, dan suka fashion. Database ini nantinya bisa anda manfaatkan untuk menawarkan melalui email atau iklan yang sangat efektif dan efisien dalam kegiatan marketing digital.

4. Analiysis Digital

Setelah menentukan target, yaitu menganalisa untuk menerapkan sistem digital marketing yang paling efektif dan efisien. Menggunakan beberapa macam alat sebagai halaman analisa untuk mengukur sebuah iklan, prilaku user, dan termasuk penggunaan anggaran iklan, sehingga benar-benar sesuai target pemasaran. Seperti Google Analytisc, Search Console, Facebook Ads Manager, Instagram Insigt dll.

Media Digital Marketing

Ada beberapa media yang wajib anda gunakan untuk memaksimalkan digital marketing untuk bisnis anda yaitu:

1. Website

Sejak dari dulu website menjadi pilihan banyak orang untuk kemudahan akses informasi, kecepatan tukar data, menyebar luaskan produk, tempat jual beli online, dan media promosi. Kita dapat memulai menggunakan digital marketing dengan membuat website bisnis yang tepat

Biaya membuat website tergolong murah untuk modal membangun bisnis jika dibandingkan dengan biaya untuk membuka toko atau kantor langsung. Jika sudah ada toko dan kantor dengan ditambah website akan lebih bagus lagi hasilnya

digital marketing, Kupas Tuntas Tentang Apa Itu DIGITAL MARKETING

2. Content Marketing

digital marketing, Kupas Tuntas Tentang Apa Itu DIGITAL MARKETING
Sumber Gambar : pixabay.com

Content artinya adalah isi yang berada pada sebuah media digital misalnya seperti artikel pada website, postingan dan caption pada facebook dan Instagram, termasuk adalah video baik di youtube, website dan sosial media.

Tentu saja jenisnya yang mempunyai nilai marketing yaitu bisa menaraik perhatian, baik untuk meningkatkan brand awareness atau mendapatkan penjualan dari content marketing tersebut.

3. Media Sosial

Media jejaring sosial yang sangat ramai digunakan ratusan juta orang diseluruh dunia. Tempat saling berinteraksi tanpa dibatasi ruang dan waktu.

Layanan sosial media sudah menawarkan tempat beriklan yang sangat murah khusus contohnya seperti beriklan di Facebook, Twitter dan Instagram.

digital marketing, Kupas Tuntas Tentang Apa Itu DIGITAL MARKETING

4. SEO (Search Engine Optimization)

digital marketing, Kupas Tuntas Tentang Apa Itu DIGITAL MARKETING

Mesin pencari seperti Google, Yahoo dan Bing menjadi media online yang paling paling banyak digunakan orang mencari informasi. Search engine dapat dimanfaatkan untuk mendapatkan konsumen yang tepat sesuai dengan apa yang di cari menggunakan Search Engine Optimization (SEO)

Kita bisa membuat banyak content yang dioptimasi SEO untuk mendapatkan banyak pengunjung website yang bisa menjadi peluang sebagai calon customer.

5. SEM (Google Ads & Facebook Ads)

Tempat khusus untuk beriklan dari Google dan Facebook sehingga konten marketing anda selalu di tampilkan di halaman pertama dengan target pasar yang sesuai dengan bisnis anda. Artikel tentang SEO dan SEM disini

digital marketing, Kupas Tuntas Tentang Apa Itu DIGITAL MARKETING

6. Email Marketing

digital marketing, Kupas Tuntas Tentang Apa Itu DIGITAL MARKETING

Jika kita pernah menerima email yang berisikan promosi dari suatu layanan atau toko online misalnya, itulah penggunaan email sebagai marketing. Hampir semua pengguna internet sudah mempunyai email aktif yang potensial sebagai alat penawaran produk atau jasa.

Menggunakan email tidak bisa asal kirim, tetapi menggunakan database subscriber yaitu orang-orang yang berminat dengan dengan bisnis anda.

Keunggulan Digital Marketing untuk bisnis

Banyak sekali hal yang bisa didapatkan dari digital marketing untuk bisnis anda diantaranya adalah:

1. Biaya Terjangkau

Berapa besar biaya yang perlu dikeluarkan untuk memasang iklan di majalah, koran, atau billboard?

Bandingkan dengan biaya untuk mempromosikan sebuah produk melalui akun sosial media seperti Facebook atau Instagram?

Biaya yang dikeluarkan untuk strategi digital marketing pada umumnya sangat terjangkau. Hal ini tentunya sangat menguntungkan untuk para pemilik usaha kecil dan menengah dengan budget yang terbatas.

Semua orang bisa mengambil keuntungan dari teknik pemasaran ini, dan bagi mereka yang belum menguasainya juga dapat dengan mudah belajar digital marketing dari berbagai sumber terpercaya termasuk disini TreeLIght.id.

2. Pengukuran Hasil Digital Marketing yang Akurat

Bagaimana cara pemasang iklan di koran atau majalah mengetahui jumlah orang yang telah melihat iklan mereka?

Hal ini sulit untuk diketahui. Jauh berbeda dengan digital marketing dimana kalian dapat dengan mudah mengetahui berapa jumlah pengunjung, jumlah konversi, nilai ROI dan lain sebagainya.

Selain itu, kalian dapat melakukan evaluasi tentang strategi yang telah dilakukan, apakah efektif atau tidak. Penyesuaian dapat dilakukan secara berkala untuk memberikan hasil yang diinginkan dengan biaya yang relatif lebih terjangkau.

Kalian bisa mengukur banyak aspek dalam strategi ini misalnya saja jumlah pengunjung. Dengan menggunakan software digital, kalian dapat melihat jumlah pengunjung, jenis perangkat yang dipergunakan, asal, serta berbagai informasi digital lain.

Hal ini bisa membantu dalam melihat tingkat efektifitas marketing yang dipergunakan. Bila ada salah satu strategi yang kurang memuaskan, maka kalian bisa memilih untuk menghentikan penggunaannya atau lebih berfokus untuk upaya perbaikannya.

3. Digital Marketing untuk Menjangkau Target Pasar yang Ideal

Sulit untuk memastikan apakah iklan yang dipasang di majalah akan bisa sampai pada target pasar. Ada beberapa hal yang bisa dilakukan dalam hal ini, namun bisa dikatakan bahwa kapasitas untuk bisa menjangkau target pasar jauh lebih rendah bila dibandingkan dengan digital marketing.

Dengan menggunakan digital marketing, kalian bisa memastikan bahwa promosi yang disampaikan akan sampai di hadapan target pasar. Bagaimana caranya?

Dengan menggunakan SEO dan berbagai alat analisa lainnya, kalian bisa menemukan konsumen yang melakukan pencarian di internet mengenai topik yang berkaitan dengan bisnis kalian.  Penggunaan iklan sosial media juga bisa dimanfaatkan untuk mentargetkan target pasar yang mungkin tertarik untuk menggunakan produk atau jasa kalian berdasarkan berbagai informasi seperti area tempat tinggal, usia, dan pekerjaan.

Kemampuan untuk mampu menjangkau target pasar secara lebih spesifik seperti ini akan membawa hasil yang lebih efektif dan juga hemat biaya.

4. Digital Marketing Membuat Pasar menjadi Lebih Kompetitif

Di masa lalu, sulit rasanya bagi sebuah bisnis kecil untuk bisa bersaing dengan perusahaan besar. Keterbatasan dana untuk melakukan promosi merupakan salah satu kendala utamanya.

Digital marketing merubah hal tersebut. Saat ini, para pengusaha kecil memiliki kesempatan yang sama besar untuk bersaing dengan para kompetitor. Penggunaan digital marketing dengan biaya yang lebih terjangkau membuat siapapun mempromosikan produk mereka untuk menarik perhatian calon konsumen baik lokal, nasional, bahkan internasional.

5. Kemudahan untuk Merubah Taktik dan Strategi

Dalam strategi marketing klasik, dibutuhkan waktu untuk melihat tingkat kesuksesan yang bisa diraih dan tidak banyak hal yang bisa dilakukan dalam jangka waktu tersebut.

Berbeda dengan digital marketing, dimana kalian dapat dengan mudah melihat jumlah pengunjung yang ada dan melakukan perubahan-perubahan kecil secara terus menerus. Kemudahan dalam melakukan perubahan dan improvisasi strategi berdasarkan hasil yang masuk secara real time membuat teknik pemasaran ini lebih fleksibel menguntungkan.

6. Digital Marketing mampu Menjangkau Target Pasar yang Lebih Luas

Pengguna smartphone dan internet saat ini tidak lagi terbatas hanya di kota-kota besar saja. Para penduduk yang tinggal di kota kecil saat ini juga sudah menikmati kemudahan yang ditawarkan oleh teknologi ini.

Hal ini bisa dimanfaatkan oleh para marketer untuk menjangkau target pasar yang lebih luas tanpa perlu pusing memikirkan bagaimana cara untuk mengatasi hambatan jarak.

Penggunaan sosial media yang semakin meluas juga menjadi lahan yang tepat untuk melakukan promosi. Hal ini tidak hanya terbatas bagi para pengguna dekstop saja, namun juga mereka yang selalu bepergian dan lebih bergantung pada mobile device mereka.

 

Keuntungan Digital Marketing untuk bisnis

Tidak seperti kebanyakan marketing offline (Toko), digital marketing memungkinkan marketer (pemasar) dapat melihat hasil yang akurat sesuai waktu Anda memasukan data. Jika Anda pernah memasang iklan di surat kabar, Anda akan tahu betapa sulitnya memperkirakan berapa banyak orang yang benar-benar membeli penawaran dan memperhatikan iklan Anda. Dan yang pasti tidak ada cara yang pasti untuk mengetahui apakah iklan tersebut berhasil membuka peluang semua penjualan.

Dengan digital marketing, kamu bisa mengukur ROI (Return on Investment) dari hampir semua aspek upaya pemasaran Anda. Yang dimaksud dengan ROI sendiri adalah ukuran/besaran yang digunakan untuk mengevaluasi efisiensi sebuah investasi dibandingkan dengan biaya dan modal awal yang dikeluarkan. Berikut adalah beberapa contohnya:

1. Mengukur Traffic Website

Dengan digital marketing, Anda bisa melihat jumlah orang yang telah melihat halaman website Anda dalam sekian waktu dengan menggunakan software digital. Anda juga bisa melihat berapa banyak halaman yang mereka kunjungi, alat apa yang mereka gunakan, dan dimana mereka berasal, dan sebagainya.

Pengetahuan ini membantu Anda untuk mengutamakan jenis media marketing mana yang menghabiskan banyak waktu dan yang lebih efisien, berdasarkan jumlah orang yang menggunakan media tersebut untuk ke halaman situs Anda. Contohnya, jika hanya 10% dari audiens yang datang ke website Anda (traffic) yang datang dari pencarian organic (tanpa berbayar), Anda tau masalah itu membutuhkan waktu luang di SEO untuk meningkatkan persentase.

Dengan marketing (pemasaran) secara offline (toko), sulit untuk mengetahui berapa banyak orang yang tertarik dengan merek/brand Anda sebelum mereka berinteraksi dengan seorang penjual atau melakukan pembelian.

Dengan digital marketing, Anda bisa mengidentifikasi tren dan pola perilaku customer Anda sebelum mencapai tahap akhir dalam perjalanan pembelian mereka yaitu Checkout. Ini berarti Anda dapat membuat funnel yang tepat tentang bagaimana menarik mereka untuk ke halaman situs Anda dan membeli penawaran Anda.

digital marketing, Kupas Tuntas Tentang Apa Itu DIGITAL MARKETING

2. Mengukur Performa Konten dan Mengumpulkan Leads

digital marketing, Kupas Tuntas Tentang Apa Itu DIGITAL MARKETING
Sumber Gambar : pixabay.com

Pernahkah terpikirkan saat Anda membagikan selebaran brosur, bahwa setelah dibagikan Anda tidak tahu berapa banyak orang membuka brosur Anda atau berapa banyak orang yang tidak tertarik.

Sekarang bayangkan Anda mempunyai brosur itu di halaman situs Anda sebagai gantinya. Anda bisa mengukur secara pasti berapa banyak orang yang melihat halaman dimana kamu mengupload brosur tersebut, dan Anda bisa mengumpulkan detail kontak siapa saja yang mengunduh. Alhasil, Anda tidak hanya dapat mengukur berapa banyak orang yang terlibat di konten Anda, tapi Anda juga bisa mengumpulkan data prospek customer yang berkualitas.

Apakah Digital Marketing Bekerja untuk Semua Bisnis ?

Digital marketing dapat digunakan untuk bisnis apa pun di industri apa pun. Terlepas dari apa yang dijual perusahaan Anda, digital marketing masih memerlukan persona customer (gambaran akan target penawaran customer Anda) untuk mengidentifikasi kebutuhan calon customer Anda, dan menciptakan konten online yang menarik dan membantu mereka. Namun, setiap bisnis memiliki cara penerapan strategi pemasaran digital dengan cara yang berbeda-beda. Misalnya seperti penerapan digital marketing pada ragam bisnis dibawah ini :

digital marketing, Kupas Tuntas Tentang Apa Itu DIGITAL MARKETING

B2B Digital Marketing

Jika perusahaan Anda melakukan sistem bisnis ke bisnis (B2B), sistem digital marketing akan berpusat pada mengumpulan data customer(lead generation)Oleh karena itu Anda memerlukan strategi pemasaran yang menarik agar menghasilkan customer yang berkualitas untuk sales people (tenaga penjualan) Anda.

Di luar situs web Anda, Anda dapat memfokuskan upaya Anda pada media yang berfokus pada bisnis seperti LinkedIn, di mana mayoritas demografis customer Anda menghabiskan waktu mereka secara online.

B2C Digital Marketing

Jika perusahaan Anda adalah bisnis-ke-konsumen (B2C), tergantung pada titik harga produk Anda, kemungkinan tujuan dari upaya pemasaran digital Anda adalah untuk menarik orang ke situs web Anda dan membuat mereka menjadi pelanggan tanpa perlu melalui perantara sales people (tenaga penjualan).

Oleh karena itu, Anda mungkin tidak akan sepenuhnya berfokus pada pengumpulan data customer (leads), namun lebih fokus ke dalam membangun perjalanan pembeli (customer journey)  dari saat seseorang masuk di situs web Anda, hingga saat mereka melakukan pembelian. Ini berarti fitur produk Anda lebih signifikan daripada bisnis B2B, dan Anda mungkin perlu menggunakan ajakan bertindak (Call to Action) yang lebih kuat.

Untuk perusahaan B2C, platform seperti Instagram dan Pinterest seringkali lebih efektif daripada platform yang berfokus pada bisnis seperti LinkedIn.

Trend Digital Marketing dan Pemanfaatannya Untuk Bisnis

Memanfaatkan trend yang ada akan memberikan peluang yang lebih besar untuk memenangkan konsumen. Berikut ini adalah beberapa strategi digital marketing yang sedang diminati serta bagaimana cara memanfaatkannya untuk kebutuhan marketing. Trend digital marketing terbaik saat ini meliputi:

1. Social Media

Tidak bisa diragukan lagi sosial media merupakan salah satu strategi yang paling populer dalam dunia digital marketing. Para penyedia jasa digital marketing pasti akan melibatkan sosial media dalam setiap rencana mereka.

Pertanyaannya adalah, sosial media apa yang sedang populer saat ini? Tujuan promosi bisa dilakukan di hampir segala jenis sosial media, Untuk memanfaatkannya, pergunakan susunan foto yang menarik dan buat cerita yang singkat, orisinil, serta beda dari yang lain untuk lebih menarik perhatian orang. 

2. Influencer Marketing

Mengapa influencer marketing menjadi salah satu trend yang berkembang saat ini?

Karena strategi digital marketing ini terasa jauh lebih orisinil bila dibandingkan dengan iklan. Para influencerini pada umumnya sudah memiliki kredibilitas. Konten yang mereka sampaikan terasa lebih personal tanpa ada kesan terlalu dibuat-buat.

Banyak orang yang sudah merasa jenuh dengan tipe promosi yang terdahulu dan influencer marketingmenjadi angin segar karena pendekatan yang mereka lakukan berbeda dengan strategi lain sehingga tidak heran bila hasilnya jauh lebih efektif.

Untuk menggunakan strategi ini, bekerjasamalah dengan para influencer yang memiliki area yang sama dengan produk atau jasa yang akan kalian tawarkan untuk lebih meningkatkan kredibilitas produk kalian serta mampu untuk menjangkau target pasar yang spesifik.

Contoh sederhana, untuk mempromosikan produk make up baru, bekerja samalah dengan influencer yang dikenal sering berbagi tips make up atau melakukan tutorial make up, bukan dengan influencer yang lebih sering berbagi tips mengenai gaya hidup sehat.

3. Augmented Reality

Augmented reality (AR) berbeda dengan virtual reality (VR) karena jauh lebih mudah dipergunakan tanpa memerlukan alat khusus seperti headset.

Penggunaannya semakin populer karena terbukti mampu memberikan hiburan serta jauh lebih bermanfaat bagi para pengguna. Sebagai contoh, aplikasi IKEA Place dari IKEA akan membantu calon pembeli dalam menentukan furniture yang tepat ukurannya dan sesuai dengan rumah mereka masing-masing. Penggunaan aplikasi ini akan meningkatkan user experience dan merupakan strategi yang nampaknya akan semakin berkembang ke depannya.

Saat ini beberapa perusahaan teknologi seperti Layar dan Augment menyediakan jasa untuk membuat fitur AR sebagai bagian dari strategi digital marketing kalian.

4. Content Marketing

Penyedia jasa marketing online tidak akan pernah mengabaikan pentingnya konten marketing dalam strategi mereka. Konten yang berkualitas merupakan salah satu aspek SEO yang tidak ada matinya.

Untuk memanfaatkannya, buat konten yang benar-benar berkualitas berupa konten yang menghibur, unik, engaging, menggunakan kata kunci yang tepat, dan dibuat berdasarkan in-depth research.

Konten berkualitas seperti ini bisa dimasukkan dalam berbagai saluran mulai dari sosial media, blog, hingga website. Harga website toko online saat ini sudah semakin terjangkau sehingga tidak ada alasan bagi sebuah bisnis untuk membuat website toko online mereka masing-masing dan mengisinya bukan hanya dengan produk yang ditawarkan namun juga berbagai konten berkualitas dan bermanfaat.

5. Google Adwords

Selain beriklan di Facebook Ads, jangan remehkan kekuatan iklan seperti Google Adwords. Dengan kemudahan sarana dan materi untuk belajar adwords, siapapun bisa membuat iklan produk mereka tampil dihalaman pertama mesin pencari Google.

Strategi digital marketing AdWords memiliki banyak keuntungan termasuk diantaranya adalah kemampuan untuk mencapai target pasar mereka pada saat dan waktu yang tepat, serta kemungkinan ROI yang cepat karena mereka hanya perlu membayar saat seseorang meng-klik iklan tersebut.

Pastikan untuk tidak hanya terpaku pada satu strategi saja dan selalu ikuti perkembangan trend yang ada untuk bisa menyesuaikan strategi digital marketing yang paling tepat untuk mencapai target.

Langkah-langkah Membangun Digital Marketing

Jika anda sudah memantapkan hati untuk membangun digital marketing untuk bisnis anda, kami akan membagikan beberapa langkah yang harus anda lakukan diantaranya:

1. Membuat website dengan konsep dan desain yang tepat

Hal yang harus anda perhatikan ketika membangun sebuah website untuk bisnis anda adalah anda harus konsisten dengan desain yang sudah anda rancang sebelumnya. Karna desain, warna, logo adalah sebuah identitas website bisnis anda.

2. Mebuat content website yang sesuai dengan target marketing

Sebelum anda memulai bisnis pastinya anda sudah memiliki nichenya tersendiri, maka dari itu buatlah konten yang konsisten dengan niche tersebut dan anda kupas tuntas dari A sampai Z tentang niche tersebut. Sehingga pengunjung website anda kembali lagi mengunjungi website anda karna sesuai dengan yang di cari oleh pengunjung anda.

3. Membangun aset media sosial

Sudah tidak dipungkiri lagi di abad 21 ini hampir seluruh umat manusia menggunakan media sosial. Disitulah peluang untuk menarik pengunjung media sosial ke chanel utama anda yaitu website.

4. Membuat content marketing untuk website dan sosial media

Sama halnya dengan membuat content untuk website, media sosial juga perlu di isi dengan konten yang sesuai dengan niche dan jangn lupa sinkronkan konten website dengan media sosial agar pengunjung tidak bingung.

5. Menerapkan SEO untuk website

Ini adalah hal penting untuk membangun website dan media sosial yaitu SEO, kenapa saya bilang penting karna sebagus apapun website dan kontennya jika tidak memakai SEO website dan konten anda tidak akan ditemukan di halaman 1 google. Maka dari itu penting sekali untuk menentukan keyword juga keyword cadangan yang sesuai dengan niche bisnis anda, sehingga website anda bisa bersaing dihalaman 1 google sesuai niche yang sudah di tentukan.

6. Menggunakan iklan Google atau Facebook

Agar anda mendapatkan market yang sesuai dengan niche bisnis anda, gunakanlah google ads dan facebook ads. Jika anda bertanya “min kan udah ada SEO” SEO saja tidak cukup untuk branding website bisnis anda maka dari itu tidak pungkiri kita pun perlu mengiklankan website bisnis kita.

7. Membangun aset video content seperti Youtube

Jika konten tulisan dan gambar dirasa belum cukup untuk menarik ataupun meyakinkan pengunjung website anda, buatlah video berisi podcast, tutorial dan sebagainya guna membuat nyaman pengunjung website anda.

8. Selalu belajar dari ahlinya dan mempraktekan

Dan janganlah lupa untuk selalu belajar dan belajar pada ahlinya karna teknologi makin hari makin berkembang maka dari itu buatlah mendset dipikiran anda tentang hal-hal baru “Dan Saya Harus Mempelajarinya”.

Cara Memiliki Digital Marketing Tanpa Bayar

Bilamana anda atau orang sekitar anda adalah seorang pebisnis atau pengusaha yang baru memulai usahanya, hal yang pertama yang akan anda lakukan untuk usaha anda pasti adalah memperbanyak produk atau jasanya. Setelah itu pasti anda sudah menemukan atau bahkan membuat target pasar dan pangsa pasar offline anda, dan ketika anda ingin melebarkan sayap untuk menjangkau pasar yang lebih luas sering sekali saya mendengar cerita dari teman-teman saya seorang pengusaha berbicara seperti ini “sebenarnya saya ingin memanfaatkan kecanggihan di era digital ini tapi terkendala biaya produksi sehingga saya belum punya budget untuk menggunakan digital marketing supaya saya dapat mencakup pasar online juga bro”. Menurut saya itu adalah sebuah dilema yang sangat luar biasa karna seorang pengusaha yang ingin besar pasti memiliki keinginan untuk besar dan luas tapi sayangnya elemen-elemen yang kurang mendukung.

Setelah saya mendengar keluh kesah teman saya sebagai pebisnis muda saya pun memberikan saran untuk bekerja sama dengan saya urusan digital marketingnya saya yang pegang. Tapi dengan sistem profit sharing (bagi hasil). Sesuai dengan judul artikel ini Cara Memiliki Digital Marketing Tanpa Bayar dan caranya adalah anda sebagai pengusaha/pebisnis carilah partner digital marketing untuk bekerja sama tanpa membayar jasanya. Bilamana anda belum mengetahui tentang kerja sama bagi hasil (profit sharing) saya akan menjelaskannya secara singkat.

Bagi Hasil (Profit Sharing)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
 

Bagi hasil merupakan suatu bentuk skema pembiayaan alternatif, yang memiliki karakteristik yang sangat berbeda dibandingkan bunga. Sesuai dengan namanya, skema ini berupa pembagian atas hasil usaha yang dibiayai dengan kredit/pembiayaan. Skema bagi hasil dapat diaplikasikan baik pada pembiayaan langsung maupun pada pembiayaan melalui bank syariah (dalam bentuk pembiayaan mudharabah dan musyarakah). Dalam kontrak bagi hasil, perlu didesain suatu skema bagi hasil yang optimal, yakni yang secara efisien dapat mendorong entrepreneur (debitur) untuk melakukan upaya terbaiknya dan dapat menekan terjadinya falsifikasi.

Bentuk Skema Bagi Hasil

  1. Profit sharing (disebut pula profit-and-loss sharing), yang dijadikan dasar perhitungan adalah profit, yang merupakan selisih antara penjualan/pendapatan usaha dan biaya-biaya usaha, baik berupa harga pokok penjualan/biaya produksi, biaya penjualan, serta biaya umum dan administrasi. Profit sharing dapat diartikan sebagai sistem pembagian keuntungan yang didapat dari suatu usaha.
  2. Gross profit sharing, yang dijadikan dasar perhitungan adalah gross profit (laba kotor), yakni penjualan/pendapatan usaha dikurangi dengan harga pokok penjualan/biaya produksi.
  3. Revenue sharing, yang dijadikan dasar perhitungan adalah penjualan/pendapatan usaha.

Apa Saja Layanan Jasa Digital Marketing Untuk Bisnis Anda

Bagi sebagian orang, kata-kata digital marketing mungkin sudah tidak asing lagi. Namun jika kita sendiri diminta untuk menjabarkan apa yang dimaksud dengan digital marketing, mungkin jawabannya bisa berbeda. Oleh karena itu, disini saya akan merangkum semua layanan digital marketing secara lengkap berikut dengan serba- sebinya. Baik langsung saja saya akan membagikan 6 layanan utama jasa Digital Marketing.

1. Jasa Konten Marketing

Untuk sebuah agensi digital marketing yang cukup besar, biasanya mereka menyediakan semua jenis pembuatan konten multi-format, multi-platform, dan tentunya omnichannel. Sedangkan untuk agensi digital marketing skala kecil, biasanya hanya terbatas pada pembuatan artikel atau desain grafis. Berikut daftar konten yang biasanya disediakan oleh sebuah agensi.

  • Posting blog (artikel berhubungan dengan bisnis anda)
  • Infografis 
  • Video tutorial/unboxing/review/dll.
  • Template (Instagram story)
  • Dokumen pdf
  • Slide presentasi
  • Studi kasus

Artikel tentang Konten Marketing disini

2. Jasa Optimasi SEO

Dengan semakin canggihnya algoritma yang dimiliki oleh Google, maka menampilkan website kita di mesin pencari tidak lagi semudah menargetkan kata kunci. Ada banyak faktor yang harus dipenuhi agar sebuah website ramah dan dapat muncul di peringkat atas hasil pencarian. Berikut daftar layanan SEO yang biasanya ditawarkan dalam rangka mengoptimasi website menjadi lebih SEO friendly.

  • Website SEO audit
  • On-page SEO
  • Off-page SEO
  • Content Development
  • E-A-T building (Expertise, Authoritativeness, Trustworthiness)
  • Local business SEO
  • Backlink PBN

Artikel tentang SEO disini

3. Jasa Digital Advertising

Skema pay-to-play yang diadopsi oleh hampir semua pemain besar di internet akhirnya mengharuskan kita untuk menganggarkan budget digital marketing. Berikut diantara jenis-jenis iklan online yang banyak digunakan oleh para marketer di seluruh dunia.

  • Pay per click (PPC ads)
  • Banner ads
  • Display ads
  • Social media ads
  • Google Ads

4. Jasa Email Marketing

Email marketing tidak hanya berbicara mengenai pengiriman email secara bulk, justru hal pendukung lainnya seperti list buildingconditional email, serta personalization akan menjadi penentu efektifnya email marketing. Diantara layanan digital marketing yang berkaitan dengan pemasaran via surel ini yaitu sebagai berikut.

  • Personalisasi email
  • Newsletters
  • Template email yang responsive dan multi-platform
  • Campaign follow-ups

5. Jasa Media Sosial Marketing

Jika ketiga metode di atas sebelumnya cenderung memiliki pola dan metodologi yang jelas, lain halnya dengan model pemasaran dengan media sosial yang cenderung dinamis dan berubah sesuai tren terkini. Oleh karenanya, cara marketing yang paling sering digunakan diantaranya monitoring, duplikasi kompetitor, serta kurasi konten yang beredar di beranda media sosial. Berikut diantara cara pemasarannya.

  • Social media optimization (SMO)
  • Social media marketing (SMM)

Artikel tentang Media Sosial Marketing disini

6. Mindset Digital Marketing

Agar seluruh upaya pemasaran digital kita terstruktur dan berhasil mencapai tujuan secara bersamaan, dibutuhkan sebuah kerangka awal jika kita ingin melaksakanan semua model digital marketing di atas. Berikut komponen utama yang harus diperhatikan dan dirumuskan agar pemasaran digital kita bisa lebih optimal.

  • Strategy: Strategi marketing yang terdokumentasi
  • Research: Riset secara mendalam dan terus-menerus
  • Plan: Perencanaan yang matang
  • Innovation: Inovasi dan terus mencoba hal yang baru
  • Analytics: Manfaatkan data analytics dari setiap platform
  • Teamwork: Kerjasama antar tim yang solid

Lalu apa taktik yang harus anda lakukan untuk memaksimalkan digital marketing untuk bisnis anda? selengkapnya ada di artikel berikut disini dan yang harus anda sebagai digital marketer lakukan adalah sebagai berikut selengkapnya ada diartikel tersebut disini

Demikianlah pembahasan untuk mengupas tuntas secara lengkap tentang apa itu digital marketing.

Semoga bermanfaat, salam sukses selalu untuk kita semua.
treelight.id

Jika anda tertarik dengan layanan jasa digital marketing kami silahkan berkonsultasi dengan kami disini

Silahkan like dan share artikel ini jika bermanfaat untuk anda dan juga orang sekitar anda, saya gak maksa kok cuma minta dukungannya ajah hehe..

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram
Share on pinterest
Pinterest
Share on email
Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *