Jenis Website Berdasarkan Fungsi

Home Blog / Jenis Website Berdasarkan Fungsi 

Hai treelighters, terima kasih sudah mampir menyempatkan waktu untuk membaca artikel tentang Website. Kalau sebelumnya kang tulis menulis artikel tentang Jenis website berdasarkan sifat dan platform. Kali ini kang tulis ingin menulis jenis website berdasarkan fungsinya, Saya coba tulis selengkap mungkin, mudah-mudahan bisa bermanfaat ya.

jenis website, Jenis Website Berdasarkan Fungsi
Sumber Gambar : pixabay.com

Selain berdasarkan kemampuan interaksi dengan visitor, sebuah website juga dibedakan berdasarkan tujuan serta isi konten yang terdapat disana. Pada umumnya, ketika sebuah website dibuat pastilah ada tujuan dan maksudnya. Dari sanalah jati diri si website ini terbentuk, kemana ia akan dibawa dan tujuan serta informasi apa yang akan disajikannya. Berikut adalah beberapa fungsi website yang paling umum:

1. Website Pribadi

Jenis website yang satu ini akan memuat semua informasi tentang seorang tokoh, public figure ataupun orang biasa. Tujuan dari website pribadi adalah membagikan informasi tentang si tokoh ini entah itu biografi, cerita, pengalaman dan hal menarik lainnya.

Sebuah website pribadi biasanya digunakan oleh seorang public figure/artis untuk berbagi kegiatan dan pengalamannya kepada para fans. Contoh untuk website pribadi adalah seperti milik Raditya Dika, sebelum menjadi seorang komika dan pemain film dulunya ia adalah seorang blogger.

2. Ecommerce (Onlineshop & Marketplace)

Anda juga dapat memanfaatkan website untuk membuat toko online. Meskipun Anda sudah berjualan di marketplace atau media sosial, Anda tetap memerlukan website. Sebagaimana Anda memiliki toko fisik di dunia nyata, website dapat difungsikan sebagai “toko” Anda di dunia maya.

Anda bisa mengarahkan calon konsumen dari media sosial ke website toko online agar semua transaksi terjadi di website. Jadi semua transaksi toko online bisa tercatat secara otomatis dan Anda bisa mengevaluasinya dengan mudah menggunakan bantuan Google Analytics.

3. Website Perusahaan (Company Profile)

Jika perusahaan Anda tidak melakukan transaksi secara online, Anda juga perlu memiliki website resmi perusahaan agar calon konsumen bisa menemukan informasi resmi tentang perusahaan Anda dari website resmi.  

Dengan begitu, kepercayaan konsumen terhadap perusahaan Anda akan meningkat karena mereka bisa menemukan informasi resmi yang dibutuhkan melalui mesin pencarian.

4. Organisasi atau Instansi Pemerintahan

Website juga dapat dimanfaatkan sebagai laman resmi organisasi. Hal ini agar masyarakat bisa mengakses informasi terbaru tentang kegiatan organisasi dengan mudah. Biasanya website organisasi menggunakan domain .org atau .or.id. Sedangkan website instansi pemerintah menggunakan domain .go.id.

5. Media Sharing

Jenis website ini berguna untuk berbagi media baik gambar, file musik, hingga video. User dapat upload ke situs tersebut dan bisa dilihat oleh pengguna lainnya. Contoh website jenis ini ialah seperti souncloud, youtube, dan berbagai web stock photo.

6. Komunitas Online / Forum

Website juga dapat dimanfaatkan sebagai komunitas online. Tersedia berbagai komunitas online di internet dengan macam-macam topik. Biasanya satu website komunitas online hanya membahas tentang satu topik tertentu.

Di website komunitas online ini, pengunjung bisa mendapatkan informasi terbaru, tips, atau tutorial dari satu atau beberapa topik tertentu.

Misalnya, pengguna web hosting Indonesia mempunyai website komunitas online Diskusi Web Hosting. Para pembaca buku juga memiliki website komunitas online Good Reads. Ada juga komunitas online perempuan yang bernama Female Daily.

7. Portal Berita

Website dengan tujuan untuk menyebarkan berita mungkin adalah jenis website paling familiar untuk Anda. Di era serba digital, portal berita online berhasil menggeser bentuk media lain sebagai sumber informasi.

Demikianlah pembahasan tentang Website Berdasarkan Fungsinya. Semoga bermanfaat, salam sukses selalu untuk kita semua.
treelight.id

Jika anda tertarik dengan layanan jasa digital marketing kami silahkan berkonsultasi dengan kami disini

Silahkan like dan share artikel ini jika bermanfaat untuk anda dan juga orang sekitar anda, saya gak maksa kok cuma minta dukungannya ajah hehe..

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram
Share on pinterest
Pinterest
Share on email
Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *