Keunggulan Menggunakan Digital Marketing Untuk bisnis

Home Blog / Keunggulan Digital Marketing

Hai pembaca setia TreeLighters, terima kasih sudah mampir menyempatkan waktu untuk membaca artikel tentang Digital Marketing. Ini sih hanya sekedar rangkuman, saya tulis catatan tentang keunggulan menggunakan digital marketing untuk bisnis. Saya coba tulis selengkap mungkin, mudah-mudahan bisa bermanfaat ya.

keunggulan digital marketing, Keunggulan Menggunakan Digital Marketing Untuk bisnis

Mengapa strategi marketing yang satu ini sangat populer? Karena strategi ini menawarkan begitu banyak keunggulan, terutama bila dibandingkan dengan teknik marketing konvensional.

Keunggulan digital marketing yang bisa didapatkan berupa:

1. Biaya Terjangkau

Berapa besar biaya yang perlu dikeluarkan untuk memasang iklan di majalah, koran, atau billboard?

Bandingkan dengan biaya untuk mempromosikan sebuah produk melalui akun sosial media seperti Facebook atau Instagram?

Biaya yang dikeluarkan untuk strategi digital marketing pada umumnya sangat terjangkau. Hal ini tentunya sangat menguntungkan untuk para pemilik usaha kecil dan menengah dengan budget yang terbatas.

Semua orang bisa mengambil keuntungan dari teknik pemasaran ini, dan bagi mereka yang belum menguasainya juga dapat dengan mudah belajar digital marketing dari berbagai sumber terpercaya termasuk disini TreeLIght.id.

2. Pengukuran Hasil Digital Marketing yang Akurat

Bagaimana cara pemasang iklan di koran atau majalah mengetahui jumlah orang yang telah melihat iklan mereka?

Hal ini sulit untuk diketahui. Jauh berbeda dengan digital marketing dimana kalian dapat dengan mudah mengetahui berapa jumlah pengunjung, jumlah konversi, nilai ROI dan lain sebagainya.

Selain itu, kalian dapat melakukan evaluasi tentang strategi yang telah dilakukan, apakah efektif atau tidak. Penyesuaian dapat dilakukan secara berkala untuk memberikan hasil yang diinginkan dengan biaya yang relatif lebih terjangkau.

Kalian bisa mengukur banyak aspek dalam strategi ini misalnya saja jumlah pengunjung. Dengan menggunakan software digital, kalian dapat melihat jumlah pengunjung, jenis perangkat yang dipergunakan, asal, serta berbagai informasi digital lain.

Hal ini bisa membantu dalam melihat tingkat efektifitas marketing yang dipergunakan. Bila ada salah satu strategi yang kurang memuaskan, maka kalian bisa memilih untuk menghentikan penggunaannya atau lebih berfokus untuk upaya perbaikannya.

3. Digital Marketing untuk Menjangkau Target Pasar yang Ideal

Sulit untuk memastikan apakah iklan yang dipasang di majalah akan bisa sampai pada target pasar. Ada beberapa hal yang bisa dilakukan dalam hal ini, namun bisa dikatakan bahwa kapasitas untuk bisa menjangkau target pasar jauh lebih rendah bila dibandingkan dengan digital marketing.

Dengan menggunakan digital marketing, kalian bisa memastikan bahwa promosi yang disampaikan akan sampai di hadapan target pasar. Bagaimana caranya?

Dengan menggunakan SEO dan berbagai alat analisa lainnya, kalian bisa menemukan konsumen yang melakukan pencarian di internet mengenai topik yang berkaitan dengan bisnis kalian.  Penggunaan iklan sosial media juga bisa dimanfaatkan untuk mentargetkan target pasar yang mungkin tertarik untuk menggunakan produk atau jasa kalian berdasarkan berbagai informasi seperti area tempat tinggal, usia, dan pekerjaan.

Kemampuan untuk mampu menjangkau target pasar secara lebih spesifik seperti ini akan membawa hasil yang lebih efektif dan juga hemat biaya.

4. Digital Marketing Membuat Pasar menjadi Lebih Kompetitif

Di masa lalu, sulit rasanya bagi sebuah bisnis kecil untuk bisa bersaing dengan perusahaan besar. Keterbatasan dana untuk melakukan promosi merupakan salah satu kendala utamanya.

Digital marketing merubah hal tersebut. Saat ini, para pengusaha kecil memiliki kesempatan yang sama besar untuk bersaing dengan para kompetitor. Penggunaan digital marketing dengan biaya yang lebih terjangkau membuat siapapun mempromosikan produk mereka untuk menarik perhatian calon konsumen baik lokal, nasional, bahkan internasional.

5. Kemudahan untuk Merubah Taktik dan Strategi

Dalam strategi marketing klasik, dibutuhkan waktu untuk melihat tingkat kesuksesan yang bisa diraih dan tidak banyak hal yang bisa dilakukan dalam jangka waktu tersebut.

Berbeda dengan digital marketing, dimana kalian dapat dengan mudah melihat jumlah pengunjung yang ada dan melakukan perubahan-perubahan kecil secara terus menerus. Kemudahan dalam melakukan perubahan dan improvisasi strategi berdasarkan hasil yang masuk secara real time membuat teknik pemasaran ini lebih fleksibel menguntungkan.

6. Digital Marketing mampu Menjangkau Target Pasar yang Lebih Luas

Pengguna smartphone dan internet saat ini tidak lagi terbatas hanya di kota-kota besar saja. Para penduduk yang tinggal di kota kecil saat ini juga sudah menikmati kemudahan yang ditawarkan oleh teknologi ini.

Hal ini bisa dimanfaatkan oleh para marketer untuk menjangkau target pasar yang lebih luas tanpa perlu pusing memikirkan bagaimana cara untuk mengatasi hambatan jarak.

Penggunaan sosial media yang semakin meluas juga menjadi lahan yang tepat untuk melakukan promosi. Hal ini tidak hanya terbatas bagi para pengguna dekstop saja, namun juga mereka yang selalu bepergian dan lebih bergantung pada mobile device mereka.

Baik, jadi itulah keunggulan digital marketing, menarik bukan? Saya yakin saat ini di benak Anda terlintas, “Wah, saya harus bisa membangun Digital Marketing untuk bisnis saya nih, tapi bagaimana caranya ya butuh waktu lama untuk saya mempelajari langkah-langkah tersebut?”

Untungnya saya punya kabar gembira untuk Anda! Kami adalah jasa it profesional dan digital marketing baik itu Website Company Profile, Website Toko Online, media sosial marketing maupun Blog. Jadi tunggu apa lagi segera hubungi kami.

Semoga bermanfaat, salam sukses selalu untuk kita semua.
treelight.id

Jika anda tertarik dengan layanan jasa digital marketing kami silahkan berkonsultasi dengan kami disini

Silahkan like dan share artikel ini jika bermanfaat untuk anda dan juga orang sekitar anda, saya gak maksa kok cuma minta dukungannya ajah hehe..

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram
Share on pinterest
Pinterest
Share on email
Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *