Konsep BRANDING Yang di Gunakan Pengusaha SUKSES

Home Blog / Konsep Branding

Hai pembaca, terima kasih sudah mampir menyempatkan waktu untuk membaca artikel tentang Branding. Ini sih hanya sekedar rangkuman, saya tulis catatan tentang konsep branding yang digunakan pengusaha sukses. Saya coba tulis selengkap mungkin, mudah-mudahan bisa bermanfaat ya.

branding, Konsep BRANDING Yang di Gunakan Pengusaha SUKSES

Branding merupakan istilah yang kerap disebut di dunia bisnis. Umumnya branding mengait pada sesuatu yang identik dengan janji atau nilai. Ini berarti Anda telah membuat sebuah citra, kesadaran akan bisnis Anda. Ini merupakan kepribadian atas usaha Anda.

Banyak pengusaha mencoba namun cukup banyak yang gagal membuat brand sukses. Untuk contoh konsep branding sukses berikut ini ada 9 hal yang harus dilakukan:

1. Berfikir Analitis

Terlalu banyak usaha berpikir brand sebagai marketing atau kalimat penarik perhatian atau sebuah logo. Brand lebih dari sekedar sebuah penarik perhatian. Sebuah brand menjamin perhatian secara konsisten, mewakili sesuatu yang diinginkan konsumen namun tidak dimiliki pesaing. Misalkan menyediakan layanan konsumen terbaik di bidangnya bukan sekedar logo atau kalimat promosi. Brand hadir dengan aktualisasi janji bisnis kepada konsumen.

2. Merawat brand

Terlalu sering, saat kondisi ekonomi tidak karuan, banyak usaha mengganti identitas mereka. Untuk inspirasi, lihatlah brand besar seperti Nike misalnya telah menggunakan “ just do it” sebagai logo sejak lama. Aturan juara dari branding adalah saat Anda lelah memikirkan logo, kalimat promosi, ataupun upaya branding, itulah saat brand mulai tenggelam bersama konsumen.

3. Fokus pada niche bisnis

Anda tidak akan pernah bisa ngebrand diri sendiri untuk membuat semua orang suka Anda. Hal yang bisa dilakukan adalah fokus ke sebuah niche bisnis sesuai produk yang Anda miliki.

4. Memahami diri sendiri

Jika Anda bukan yang tercepat dalam layanan antar di dunia maka jangan mengumbar janji itu. Terlalu banyak pemilik usaha berpikir untuk memberikan sesuatu yang tidak dimiliki. Ketahui kekuatan sekaligus kelemahan Anda. Kemudian lakukan analisa jujur apa yang terbaik Anda lakukan.

5. Komitmen terhadap brand

Banyak pengusaha membiarkan marketing dan iklan menangani berbagai hal tentang brand. Di sisi lain mereka menangani penjualan pada bagian berbeda lainnya dari bisnis. Ketahuilah bahwa penjualan dan brand merupakan bagian integral dalam bisnis. Banyak perusahaan yang masuk daftar papan atas disebabkan kesuksesan mereka melakukan branding cerdas.

6. Fokus ke konsumen

Jika brand hanya direspon positif oleh orang yang bekerja di kantor Anda maka brand itu tidak akan berbuat banyak. Sama halnya dengan brand sejati. Jika promosi Anda hanya diciptakan untuk Anda bukan “mereka” brand Anda akan gagal.

7. Didukung marketing plan yang baik

Banyak perusahaan datang dengan ide untuk memasarkan bisnis dan mendirikan brand identity. Namun demikian mereka tidak disiapkan dengan sumber daya atau rencana untuk menjangkau konsumennya. Anda harus siap dengan membuat marketing plan sebelum menerapkan strategi branding.

8. Tidak perlu jargon

Perusahaan berbasis B2B kerap memakai jargon. Pada dasarnya jargon tidak membawa manfaat untuk brand.

9. Tidak perlu beda 100%

Berbeda untuk sekedar beda bukanlah brand. Mungkin Anda diperhatikan namun perhatian itu tidak menghasilkan penjualan.

Tahu waktu yang tepat. Perusahaan yang sukses dalam branding tahu kapan harus berhenti promosi dan kapan untuk memelihara brand yang ada. Amati hasil dari kampanye branding Anda. Untuk usaha kecil fokuskan branding untuk membangun image professional Anda.

Demikianlah pembahasan tentang Konsep Branding yang digunakan pengusaha sukses secara singkat ini.

Semoga bermanfaat, salam sukses selalu untuk kita semua.
treelight.id

Jika anda tertarik dengan layanan jasa digital marketing kami silahkan berkonsultasi dengan kami disini

Silahkan like dan share artikel ini jika bermanfaat untuk anda dan juga orang sekitar anda, saya gak maksa kok cuma minta dukungannya ajah hehe..

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram
Share on pinterest
Pinterest
Share on email
Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *