Konten Marketing : Jenis dan Manfaat Konten Marketing

Home / Blog / Jenis dan Manfaat Konten Marketing

Hai pembaca, terima kasih sudah mampir menyempatkan waktu untuk membaca artikel tentang konten marketing. Ini sih hanya sekedar rangkuman, saya tulis catatan tentang pengertian konten marketing, jenis-jenis konten marketing dan manfaatnya . Saya coba tulis selengkap mungkin, mudah-mudahan bisa bermanfaat ya.

Disclaimer: Ini hanya sekedar pengertian dan rangkuman aja sih. Bukan murni hasil sendiri, hasil copas-comot dari berbagai sumber lain.

konten marketing, Konten Marketing : Jenis dan Manfaat Konten Marketing

Sumber Gambar : pixabay.com

Sudah bukan rahasia bahwa pemasaran tradisional itu sudah tidak efektif lagi. Iklan di TV tinggal di skip oleh penonton, begitu juga kejadian yang sama di majalah dan bahkan pengguna internet semakin mahir dalam mendapatkan informasi di online tanpa harus mengurusi banners ataupun jebakan-jebakan link-link dan button-button.

Artikel-artikel tentang konten disini

Pemasar yang pandai pasti mengerti bahwa pemasaran tradisional itu sudah tidak efektif lagi, dan harus segera ditemukan cara yang lebih baik. Dan saat ini muncullah apa yang disebut dengan content marketing.

Penggunaan strategi content marketing itu memiliki tujuan untuk menarik dan mempertahankan pelanggan dengan cara konsisten membuat, dan mengurasi konten-konten bernilai dan relevan dengan maksud mengubah atau memperbaiki perilaku konsumen. Ini adalah proses yang berkelanjutan yang terbaik diintegrasikan ke dalam strategi pemasaran Anda secara keseluruhan, dan berfokus pada memiliki media bukan menyewa media.

Pada dasarnya content marketing adalah sebuah seni berkomunikasi dengan pelanggan ataupun calon pelanggan tanpa harus menjual. Ketimbang harus menawarkan produk atau jasa, Anda bisa menyampaikan informasi yang membuat pembeli merasa lebih cerdas. Esensi dari strategi konten yang dilakukan adalah keyakinan bahwa jika kita, sebagai pemilik bisnis menyampaikan informasi secara konsisten dan bernilai untuk para pembeli, maka mereka akan memberikan imbal balik dengan bisnis mereka dan juga kesetiaan (loyalty).

Content marketing sudah dipergunakan oleh perusahaan-perusahaan besar yang memiliki bagian pemasaran yang terhebat di dunia, termasuk misalnya P&G,Microsoftserta juga Cisco Systems. Bukan itu saja perusahaan-perusahaan dalam skala UKM dan juga perseorangan juga ikut mengembangkan dan melakukan content marketing di seluruh dunia.

Artikel-artikel tentang konten disini

Jenis Konten Marketing

Jenis konten juga dapat mempengaruhi bagaimana konten Anda dapat menarik perhatian orang banyak. Setelah Anda memikirkan topik-topik apa saja yang ingin Anda bahas, kemudian perlu memikirkan jenis konten apa yang ingin Anda buat. Ada berbagai jenis konten yang bisa Anda pilih. Berikut adalah beberapa jenis konten marketing yang paling banyak digunakan:

  • Blog post
    Blog post adalah jenis konten yang paling sering digunakan dalam content marketing. Blog post biasanya tersedia di website Anda dan dirilis secara rutin untuk menarik pengunjung baru ke website Anda. Post Anda harus memiliki nilai agar audience tertarik untuk membaca dan membagikannya melalui social media.
  • Ebooks
    Ebooks adalah tools untuk mengumpulkan lead yang dapat diunduh oleh konsumen potensial setelah mengirimkan formulir utama (seperti bergabung dengan newsletter Anda) dengan informasi kontak mereka. Ebooks biasanya lebih panjang, lebih mendalam, dan dipublikasikan lebih jarang daripada postingan blog, yang ditulis untuk menarik pengunjung ke situs web.
  • Template
    Template adalah format konten yang praktis untuk dicoba karena menghasilkan lead untuk Anda sambil memberikan nilai yang lebih tinggi kepada audience Anda. Saat Anda memberi audience template untuk menghemat waktu dan membantu mereka sukses, mereka cenderung akan lebih terlibat dengan konten Anda di masa yang akan datang.
  • Infographics
    Infographics dapat mengatur dan memvisualisasikan data dengan cara yang lebih meyakinkan daripada kata-kata saja. Ini adalah format konten yang bagus untuk digunakan jika Anda mencoba berbagi banyak data dengan cara yang jelas dan mudah dimengerti.
  • Video
    Video adalah media konten yang sangat menarik yang dapat dibagikan di seluruh platform media sosial dan situs web. Video memerlukan investasi waktu dan sumber daya yang lebih besar daripada konten tertulis, namun dengan meningkatnya popularitas visual marketing, konten video lebih menarik jika dibagikan melalui social media.
  • Podcast
    Memulai podcast akan membantu audience menemukan brand Anda jika mereka tidak mempunyai waktu atau minat untuk membaca konten setiap hari. Jumlah pendengar podcast semakin berkembang pada tahun 2016 yakni sekitar 57 juta orang mendengarkan podcast setiap bulannya. Jika Anda memiliki orang yang menarik untuk diwawancarai atau melakukan percakapan dengan host, pertimbangkan podcasting sebagai format konten lain untuk bereksperimen.
  • Webinar
    Dengan makin berkembangnya internet, kini semakin banyak tugas manusia yang bisa dilakukan menjadi lebih mudah. Salah satu aktivitas yang bisa dilakukan melalui internet adalah webinar (web dan seminar). Webinar adalah kemajuan teknologi yang memungkinkan kita untuk  membuat seminar tanpa harus bertemu secara fisik satu sama lain. Konsep webinar menjadi pilihan solutif untuk keperluan pertemuan di era digital seperti saat ini.

Artikel-artikel tentang konten disini

Manfaat Konten Marketing

1. Brand awareness
Dalam salah satu temuan dijelaskan bahwa pelanggan merasakan hubungan yang lebih dekat dan positif, sehingga membuat strategi konten menjadi alat yang sangat berharga untuk memperkuat hubungan pelanggan. Semakin sukses konten Anda, semakin banyak orang akan mengingat brand Anda dan menciptakan kesan positif. Untuk lebih meningkatkan brand awareness, konten yang Anda buat bisa menggunakan platform social media.

2. Search Engine Optimisation (SEO)
SEO adalah sebuah proses atau upaya untuk meningkatkan visibilitas sebuah website atau suatu halaman website dalam pencarian organik. Strategi content marketing dan SEO adalah dua hal yang bisa menjadi penentu kesuksesan website dan bisnis online yang Anda jalankan.

3. Memperluas target konsumen
Social media bisa menjadi strategi untuk bertemu orang-orang baru. Bergabunglah dengan pelanggan di social media, setelah artikel Anda diposkan ulang, dan menulis guest post adalah strategi yang sangat baik untuk menarik pelanggan dan mendapatkan nama Anda di luar sana.

Jika pos Anda menunjukkan nilai, maka akan diposting dan dibagikan. Perkenalan kepada brand Anda melalui artikel yang menarik akan membantu menarik pelanggan baru.

4. Mempengaruhi konversi
Jika orang menikmati konten Anda, mereka akan merasakan koneksi yang lebih dekat dengan brand, lebih mempercayai brand tersebut, dan karena itu lebih terbuka terhadap konversi. Link-to-action atau link ke produk yang ditempatkan dengan baik dalam artikel Anda dapat berdampak baik bagi keseluruhan strategi konten Anda dengan mengarahkan pengguna ke halaman yang sesuai dengan kebutuhannya.

5. Membangun loyalitas
Konten yang menarik dapat membawa pelanggan kembali setelah melakukan pembelian dan membuat brand Anda lebih bermanfaat. Ini membantu Anda menghasilkan pembelian berulang.

Artikel-artikel tentang konten disini

Dengan memaksimalkan konten marketing, maka target audiens Anda untuk menjadikan mereka pelanggan akan tercapai. Membuat konten marketing yang bisa membantu dan menarik kebutuhan audiens akan meningkatkan penjualan produk yang Anda tawarkan. Namun, membuat konten marketing yang baik dan mudah dipahami audiens membutuhkan keahlian khusus. Untuk itu Anda membutuhkan marketing agency yang melayani pembuatan konten marketing demi kemajuan bisnis Anda.

Baik, jadi itulah pengertian konten marketing, jenis-jenis konten marketing dan manfaatnya, menarik bukan? Saya yakin saat ini di benak Anda terlintas, “Wah, saya harus bisa membuat konten marketing untuk bisnis saya nih, tapi bagaimana cara buatnya ya?”

Untungnya saya punya kabar gembira untuk Anda! Kami adalah jasa it profesionaldan digital marketing baik itu Website Company Profile, Website Toko Online, maupun Blog. Jadi tunggu apa lagi segera hubungi kami.

Semoga bermanfaat, salam sukses selalu untuk kita semua.

treelight.id

 

Jika anda tertarik dengan layanan jasa digital marketing kami silahkan berkonsultasi dengan kami disini

Silahkan like dan share artikel ini jika bermanfaat untuk anda dan juga orang sekitar anda, saya gak maksa kok cuma minta dukungannya ajah hehe..

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram
Share on pinterest
Pinterest
Share on email
Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *