Perbedaan Web Developer, Web Designer Dan WebMaster

Home Blog / Perbedaan Web Developer, Web Designer dan Webmaster

Hai pembaca, terima kasih sudah mampir menyempatkan waktu untuk membaca artikel tentang Website ini. Ini sih hanya sekedar rangkuman, saya tulis catatan tentang perbedaan webdeveloper, web designer dan webmaster. Saya coba tulis selengkap mungkin, mudah-mudahan bisa bermanfaat ya.

web developer, Perbedaan Web Developer, Web Designer Dan WebMaster
Sumber Gambar : pixabay.com

Apakah Anda tahu tentang perbedaan Web Developer, Web Designer dan WebMaster? Mereka sama-sama berhubungan dengan suatu web, namun perlu diketahui Web Developer, Web Designer dan WebMaster itu BERBEDA! Dari artinya saja sudah beda apalagi tugasnya. Namun masih banyak orang yang menganggap Web Developer, Web Designer dan WebMaster itu sama. Padahal itu salah. Daripada bingung membedakan Web Developer, Web Designer dan WebMaster. Mari bahas perbedaan dari Web Developer, Web Designer dan WebMaster.

Web Developer

Web Developer adalah seseorang yang berhubungan dengan pembuatan suatu website. Seorang Web Developer menciptakan aplikasi berbasis web dengan menggunakan bahasa pemrograman. Tugas dari Web Developer ini menjadi penghubung dari seluruh sumber daya yang dibutuhkan untuk pembuatan website. Antara lain seperti pembuatan database, mengatur domain, membuat tampilan web yang dinamis, dan masih banyak lagi tugas dari seorang Web Developer. Tugas mereka akan berakhir jika website yang dibuat sudah siap untuk digunakan dan tidak terdapat masalah dalam penggunaan website tersebut.

web developer, Perbedaan Web Developer, Web Designer Dan WebMaster

Dalam pembuatan aplikasi berbasis web dibutuhkan suatu bahasa pemrograman yang harus benar-benar dipahami oleh Web Developer, seperti JavaScript, PHP, ASP, Phyton, Java, MySQL, dan lain-lain. Karena sudah dibingungkan dengan bahasa pemrograman yang rumit, bisa dikatakan  seorang Web Developer tidak terlalu memikirkan mengenai penampilan website. Tidak memikirkan tampilan website bukan berarti tampilan yang dihasilkan berantakan ya, mereka hanya akan membuat tampilan website menjadi dinamis. Lalu bagaimana dengan design website? Bukankah website yang nyaman untuk dipandang juga dibutuhkan untuk membuat pengunjung betah di situs web Anda? Untuk mendesign web menjadi lebih indah dan nyaman merupakan tugas dari Web Designer.

Web Designer

Lalu bagaimana dengan design website? Bukankah website yang nyaman untuk dipandang juga dibutuhkan untuk membuat pengunjung betah di situs web Anda? Untuk mendesign web menjadi lebih indah dan nyaman merupakan tugas dari Web Designer. Ya disinilah tugas web designer dimulai. Web Designer adalah seseorang yang bekerja dengan unsur-unsur visual pada suatu website. Merekalah yang bertugas untuk memercantik penampilan halaman web.

web developer, Perbedaan Web Developer, Web Designer Dan WebMaster

Web designer lebih sering bekerja bersama gambar-gambar visual, warna, animasi, video, dan lebih ke multimedia. Mereka lebih akrab dengan Client Side Scripting seperti HTML, CSS, dan JavaScript. Web designer biasanya akan memercantik penampilan website dengan memanipulasi image yang biasa sudah diedit terlebih dahulu menggunakan Adobe PhotoShop, CorelDraw, dsb. Jika penampilan website Anda masih kurang menarik, bisa kok meminta bantuan dari seorang Web Designer.

Webmaster

WebMaster disini bertugas sebagai keduanya seperti di atas. Selain itu, WebMaster juga bertugas untuk memelihara aplikasi web yang digunakan. Tugas WebMaster mungkin lebih banyak dan masih panjang ya daripada Web Developer dan Web Designer. Merekalah yang nantinya akan memanage website, menjaga agar website selalu bisa diakses atau tidak down. Dan mungkin saja jika seorang WebMaster juga bertugas untuk mengurus SEO, konten website, hingga memasarkan website. WebMaster juga akan mengatur pekerjaan web developer dan web designer, hingga melakukan pengujian terhadap usability dari aplikasi web yang dibuat.

web developer, Perbedaan Web Developer, Web Designer Dan WebMaster

Jadi, Web Developer lebih mengacu pada kemampuan logis untuk mengatur aplikasi berbasis web, Web Designer lebih mengacu pada kemampuan artistik dan kreativitas untuk memercantik halaman web, sedangkan WebMaster mengacu pada kemampuan logis, artistik, serta pengalaman dalam menghadapi permasalahan umum yang ada di dunia perwebsitan.

Demikianlah pembahasan perbedaan Web Developer, Web Designer dan Webmaster.

Semoga bermanfaat, salam sukses selalu untuk kita semua.
treelight.id

Jika anda tertarik dengan layanan jasa digital marketing kami silahkan berkonsultasi dengan kami disini

Silahkan like dan share artikel ini jika bermanfaat untuk anda dan juga orang sekitar anda, saya gak maksa kok cuma minta dukungannya ajah hehe..

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram
Share on pinterest
Pinterest
Share on email
Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *