Tugas dan Tanggung Jawab Seorang Content Writer

Home Blog / Content Writer

Hai treelighters, terima kasih sudah mampir menyempatkan waktu untuk membaca artikel tentang Konten. Kalau sebelumnya saya sudah menulis tentang apa itu content writer dan  syarat menjadi seorang content writer maka kamu pun harus tahu tentang tugas dan tanggung jawab seorang content writer. Ini sih hanya sekedar rangkuman, saya tulis catatan tentang  tugas dan tanggung jawab seorang content writer. Saya coba tulis selengkap mungkin, mudah-mudahan bisa bermanfaat ya.

tugas tanggung jawab content writer, Tugas dan Tanggung Jawab Seorang Content Writer
Sumber Gambar : pixabay.com

Tugas Content Witer

Kalau kamu sebelumnya sudah membaca apa itu content writer dan syaratnya untuk menjadi seorang kontent writer, maka perlu tahu apa saja tugas-tugasnya nanti. Secara umum sih, tugas seorang content writer meliputi:

1. Mengelola konten (artikel) di sebuah website

Sudah pasti sebuah perusahaan yang membuka lowongan kerja sebagai Content Writer, memiliki website entah itu tentang company profile maupun tentang bisnisnya. Jadi tugas penulis artikel ini adalah melakukan update artikel rutin di website tersebut. Simplenya tugas utama content writer ya menulis artikel di website tersebut. Lalu dimana tulisan artikel yang dibuat oleh seorang content writer? biasanya sih ya sudah pasti di halaman blog (artikel) disitulah tempat artikel dipublikasikan.

2. Mengisi deskripsi produk

Kalau kamu seorang content writer yang bekerja di sebuah perusahaan toko online dan sejenisnya sudah pasti anda akan mendapatkan tambahan pekerjaan untuk mengisi atau mendeskripsikan produk yang akan ditampilkan di website toko online tersebut.

3. Mengelola konten media sosial

Walaupun sebenarnya untuk urusan ini sudah ada profesinya sendiri yaitu seorang Social Media Spesialis, akan tetapi kadang ada perusahaan yang juga memberikan job desc kepada content writer untuk memanage konten-konten di media sosialnya. Yah anggap selain anda bekerja sebagai content writer anda juga belajar menkjadi seorang media sosial spesialis.

4. Membantu divisi lain terkait tentang artikel

Selain itu juga kadang juga diminta untuk membantu memenuhi kebutuhan divisi lain yang terkait dengan artikel. Misalnya saja divisi deign graphic yang kadang sering butuh artikel atau tulisan untuk mendukung kebutuhan design dan sebagainya.

5. Melakukan riset

Seorang content writer juga perlu melakukan riset terhadap apa yang sedang tren maupun yang sedang banyak dicari orang. Kemudian dari hasil riset tersebut dituangkan kedalam sebuah artikel yang mampu menjangkau banyak orang untuk membacanya, karna sebuah topik yang sedang hangat pasti banyak pembacanya.

Kalau di lihat-lihat dari beberapa tugas di atas sepertinya mudah ya, ya memang mudah. Tapi job desc ini sangat butuh ketelitian dan fokus yang sangat tinggi, sederhanya jika kamu pernah membuat skripsi jangankan kata-kata, kurang titik koma saja disuruh revisi sama deospem hehe..

Tanggung Jawab Content Writer

Ya tentu, seorang content writer tidak hanya menulis saja, tetapi dibalik itu semua juga punya tanggung jawab yang besar diantaranya sebagai berikut:

1. Membangun branding perusahaan

Dari tulisan-tulisan seorang content writer yang dipublis, harapanya tentu untuk meningkatkan branding perusahaan. Artikel yang ditulis dapat meningkatkan brand awareness dan tingkat kepercayaan masyarakat terhadap perusahaan tentunya.

2. Meningkatkan kualitas SEO website

Salah satu manfaat dari distribusi artikel di sebuah website perusahaan adalah untuk meningkatkan SEO website tersebut itu sendiri. Di sini juga seorang penulis artikel harus memiliki pengetahuan minimal dasar tentang SEO.

3. Memonitor statistik artikel

Content writer juga harus bisa mengetahui statistik artikel yang di publisnya, sehingga dari situ dapat melihat performa artikelnya untuk kemudian dibuatkan pembaharuannya dengan artikel terkait.

Demikianlah pembahasan tentang tugas dan tanggung jawab seorang content writer secara singkat. Semoga bermanfaat, salam sukses selalu untuk kita semua.
treelight.id

Jika anda tertarik dengan layanan jasa digital marketing kami silahkan berkonsultasi dengan kami disini

Silahkan like dan share artikel ini jika bermanfaat untuk anda dan juga orang sekitar anda, saya gak maksa kok cuma minta dukungannya ajah hehe..

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on telegram
Telegram
Share on pinterest
Pinterest
Share on email
Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *